STUDI HISTORIS GERAKAN MESIANISME PAK DJEBRAK DI MOJOKERTO 1923
Pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20, gerakan mesianisme atau yang dikenal juga dengan sebutan gerakan ratu adil oleh masyarakat Jawa cukup banyak mewarnai gerakan sosial-politik di pulau Jawa. Salah satu gerakan mesianisme yang pernah terjadi di Jawa Timur ialah gerakan mesianisme Pak Djebrak di Mojokerto tahun 1923. Sejauh ini, kajian mengenai gerakan tersebut masih terbatas. Dalam beberapa literatur, gerakan mesianisme Pak Djebrak hanya disebutkan sebagai salah satu contoh gerakan mesianisme yang pernah di Jawa Timur tanpa disertai kronologi peristiwa dan faktor-faktor yang menyertainya.
Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) menjelaskan latar belakang munculnya gerakan mesianisme Pak Djebrak di Mojokerto pada tahun 1923, (2) mendeskripsikan dinamika gerakan mesianisme Pak Djebrak di Mojokerto pada tahun 1923, (3) menganalisis dampak gerakan mesianisme Pak Djebrak terhadap aspek politik di Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode sejarah terdiri dari empat tahapan yaitu heuristik (penelusuran sumber), kritik (pengujian sumber), interpretasi (analisis dan sintesis fakta), dan historiografi (penulisan sejarah) dalam bentuk artikel ilmiah.
Adapun hasil penelitian ini: (1) Latar belakang gerakan mesianisme Pak Djebrak dilatarbelakangi oleh dua faktor. Pertama, faktor kesenjangan pada aspek ekonomi, sosial, dan pendidikan sehingga memicu munculnya pencarian solusi kehidupan yang bersifat restoratif. Dalam konteks ini, muncul klaim Pak Djebrak sebagai Ratoe-Modjopait. Kedua, faktor sosio-kultural masyarakat Mojokerto yang memiliki gambaran kehidupan ideal kehidupan masa lalu pada masa Kerajaan Majapahit. Dalam konteks ini, unsur nostalgia tersebut menjadi semangat gerakan Pak Djebrak. (2) Gerakan mesianisme Pak Djebrak berawal dari wangsit yang diterima melalui mimpi oleh Pak Djebrak untuk mengemban amanah sebagai titisan Raja Majapahit. Pak Djebrak kemudian dikenal sebagai Doekoen-Semboersoewoek yang memiliki sejumlah pengikut. Hubungan yang dibangun antara Pak Djebrak dan pengikutnya mengindikasikan hubungan patron-klien. Pak Djebrak dan pengikutnya berencana menuju pusat Kota Mojokerto untuk mendeklarasikan diri sebagai Raja Majapahit. Namun, rencana tersebut gagal akibat telah diketahui oleh mata-mata Patih Mojokerto. (3) Dampak yang ditimbulkan akibat gerakan mesianisme Pak Djebrak dapat ditinjau pada aspek politik. Secara politik, gerakan mesianisme Pak Djebrak memberikan shock therapy terhadap pemerintah gemeente Mojokerto. Akibatnya, pemerintah gemeente Mojokerto semakin waspada terhadap perkumpulan-perkumpulan terutama yang bersifat keagamaan yang berpotensi melakukan gerakan. Kewaspadaan tersebut kemudian dimanifestasikan dalam bentuk tindakan pengawasan dan tindakan represif.
Kata Kunci: Pak Djebrak, Gerakan Mesianisme, Mojokerto
In the 19th until the early 20th century, the messianic movement or also known as the Ratu Adil movement by Javanese people much occured on the island of Java. One of the messianic movements that occurred in East Java was the messianic movement of Pak Djebrak in Mojokerto, 1923. So far, studies on this movement have been limited. In some literatures, Pak Djebrak’s messianic movement is only mentioned as one example of the messianic movement that has ever been in East Java without the chronology of events and the accompanying factors.
The purpose of this research is to (1) explain the background of the Pak Djebrak’s messianic movement in Mojokerto, 1923, (2) describe the dynamics of Pak Djebrak’s messianic movement in Mojokerto, 1923, (3) analyze the impact of Pak Djebrak’s messianic movement on political aspect in Mojokerto. The method used in this research is historical method. The historical method consist of four stages, heuristics (source collect), source criticque (source test), interpretation (analysis and synthesis the fact), and historiography (writing research result) in the form scientific articles.
The result of this research. (1) The background of Pak Djebrak’s messianisc movement was motivated by two factors. First, the gap factor in economic, social, and educational aspects triggers the emergence of a search for a restorative life solution. In this context, Pak Djebrak’s claim emerged as Ratoe-Modjopait. Second, the socio-cultural factor of the Mojokerto communty which has a picture of the ideal life of the past life during the Majapahit Kingdom. In this context, the nostalgic aspect became the spirit of the Pak Djebrak movement. (2) Pak Djebrak’s messianic movement started with an idea that Pak Djebrak Received through a dream to carry out the mandate as the incarnation The King of Majapahit. Pak Djebrak became known as Doekoen-Semboersoewoek who had a followers. The realationship that was built between Pak Djebrak and his followers indicated a patron-clien relationship. Pak Djebrak and his followers plan to the center of Mojokerto City to declare themselves as King of Majapahit. However, the plan failed because it was discovered by the spies of Patih Mojokerto. (3) The impact of the Pak Djebrak’s messianic movement on political aspect. Politically, Pak Djebrak’s messianic movement provided shock therapy to the government of gemeente Mojokerto. As a result, the government of gemeente Mojokerto is increasingly wary of association, especially those of religious, that have the potential to carry out movements. This vigilance is then manifested in the form of surveillance and repressive action.
Keywords: Pak Djebrak, Mesianism Movement, Mojokerto