Adopsi teknologi merupakan bentuk pemanfaatan perkembangan teknologi. Adopsi teknologi dapat diterapkan diberbagai bidang sesuai dengan kegunaannya. Salah satu bidang yang menerapkan adalah bidang Pendidikan. V-learning merupakan penggabungan informasi, komunikasi, dan Pendidikan yang dibantu dengan pemanfaatan teknologi. V-learning digunakan untuk memperkuat model belajar kovensional bukan menggantikan model belajar konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi adopsi teknologi v-learning dan mencari model yang efektif pada adopsi teknologi v-learnning .
Pendekatan model teori yang digunakan adalah gabungan dari model teori adopsi teknologi (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dan model teori kesuksesan sistem informasi (Delone & McLean IS Success Model 2003). Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) Tahap Awal (2) Penentuan Variabel (3) Pemetaan Variabel-variabel kedalam Model Konseptual (4) Penyusunan Kuesioner (5) Percobaan Instrumen (6) Pengumpulan Data (7) Analisa Data (8) Pengujian Hipotesis (9) Tahap Akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan tool smartPLS versi 3.8.
Hasil dari penelitian ini dibedakan berdasarkan responden, yaitu responden semua pengguna (mahasiswa dan dosen), responden mahasiswa, dan responden dosen. Terdapat 8 hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan pada semua responden (mahasiswa dan dosen). Pada responden mahasiswa, terdapat 6 hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan. Dan pada reponden dosen, terdapat 5 hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan.
Kata Kunci: Pemodelan Adopsi Teknologi, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Delone & McLean IS Success Model (2003), V-Learning
Adoption of technology is a form of utilization of technological developments. Adoption of technology can be applied in various division according to its uses. One of that applies is the division of Education. V-learning is a combination of information, communication and education that is assisted by the use of technology. V-learning is used to strengthen conventional learning models rather than replace conventional learning models. The aim of this research to determine the factors that can influence the adoption of v-learning technology and find an effective model for the adoption of v-learnning technology.
The theoretical model are combination of technology adoption theory (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) and a information system success theory (Delone & McLean IS Success Model 2003). Steps in this research are (1) Initial Stage (2) Determination of Variables (3) Mapping of Variables (4) Preparation of Questionnaires (5) Experiments of Instruments (6) Data Collection (7) Data Analysis (8) Testing Hypotheses (9) Final Stage. The data analysis technique use the SEM (Structural Equation Modeling) analysis technique with smartPLS version 3.8 smartPLS.
According type of respondents, the results of this research devided into three conclude. There are eight hypotheses that have a positive and significant effect on all respondents (students and lecturers). There are six hypotheses that have a positive and significant effect on students. And there are five hypotheses that have a positive and significant effect on lecturers.
Keywords: Technology Adoption Modelling, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Delone & McLean IS Success Model (2003), V-Learning