HUBUNGAN ANTARA KOSA-KATA DAN SKOR TEP PADA MAHASISWA DI LINGKUNGAN EFL
RELATIONSHIP BETWEEN VOCABULARY SIZE AND TEP SCORE ON EFL UNIVERSITY STUDENTS
Kosa kata, sebagai salah satu dari komponen Bahasa Inggris, memiliki peran yang besar terhadap pemahaman Bahasa Inggris pelajar. Kosa kata juga terbukti berkaitan dengan setiap keterampilan berbahasa Inggris., seperti keterampilan mendengar, keterampilan membaca, keterampilan menulis, dan keterampilan berbicara. Namun, beberapa penelitian sebelumnya membuktikan bahwa kosa kata tidak berkaitan dengan tes Bahasa Inggris terstandarisasi, tapi penelitian tersebut dilakukan pada pelajar L1. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi celah yang ada dengan melakukan penelitian tentang hubungan antara ukuran kosakata dan test terstandarisasi Bahasa Inggris pada pelajar EFL.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa baru dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari salah satu universitas negeri di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Convenient Sampling untuk mendapatkan data, total populasi dari penelitian ini berjumlah 36 siswa. Data diperoleh dari Vocabulary Size Test (VST) instrument untuk mengetes ukuran kosa kata siswa, dan skor Test of English Proficiency (TEP). Kemudian, data dianalisa menggunakan perangkat lunak IBM SPSS untuk mengetahui nilai signifikansiya.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ukuran kosakata siswa mempengaruhi hasil dari skor test terstandarisasi Bahasa Inggris siswa. Hasil dari perangkat lunak mengatakan bahwa hasil dari penelitian ini signifikan karena skor p-value yang lebih rendah dari yang seharusnya (p=0.01) dan ada ukuran efek yang besar diantara kedua variabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ukuran kosa kata siswa mempengaruhi hasil dari tes Bahasa Inggris terstandarisasi siswa.
Vocabulary, as one of the English language components, a big role in the learner’s English language comprehension. Vocabulary is also proven to have correlation with every English skill, such as listening skill, reading skill, writing skill and speaking skill. However, the previous research stated that there is no correlation between vocabulary and English standardized test score of the learners, but those studies were conducted on L1 learners’ settings. These researches are aimed to fill the gap with researching about the relationship between vocabulary size and English standardized test score on EFL settings
. This study was using quantitative method. The population were freshman student from English department student in one of the universities in Surabaya. This research was using convenient sampling to collect the data. There are thirty-six student who join the research. The data was gained using Vocabulary Size Test (VST) to test the vocabulary size, and the score of Test of English Proficiency (TEP). Then, the data would be analysed using IBM SPSS software to measure the level of significant.
The results from this research showed that there is correlation between vocabulary size and English standardized test. The results from the software stated that the result from this research is significant because the p-value=0.01 score was lower than the score given and the result also showed that there is large effect size. Thus, it can be concluded that there is correlation between vocabulary size and English standardized test score of the learners.