Pengembangan Edu-Games Berbasis Android Untuk Materi Pythagoras
Development of Android-based Edu-games For Pythagorean Theorem
Matematika mempunyai peran penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu materi pada pelajaran matematika adalah teorema Pythagoras. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi teorema Pythagoras dan mencapai tujuan pembelajaran, guru dapat menggunakan alat bantu yaitu media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi media pembelajaran adalah media pembelajaran dalam bentuk permainan (edu-games). Edu-games dapat dikemas dalam bentuk aplikasi yang digunakan pada sistem operasi Android pada smartphone agar lebih mudah diakses dan lebih praktis dalam penggunaannya. Tujuan penelitian adalah mengembangkan edu-games berbasis Android pada materi teorema Pythagoras yang berkualitas baik berdasarkan tiga kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan dari Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov sehingga terdiri dari empat langkah yaitu melakukan perencanaan, mengembangkan produk, validasi ahli dan revisi, dan uji coba terbatas. Pengembangan edu-games menggunakan bantuan Adobe Flash Professional CS6. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, angket penggunaan media, dan angket respon peserta didik. Uji coba edu-games dilakukan secara terbatas oleh 10 peserta didik kelas VIII SMPN 4 Nganjuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edu-games dinyatakan berkualitas baik dengan memperoleh (1) skor kevalidan 4,038 oleh ahli media dan 3,939 oleh ahli materi dari skor maksimum 5 sehingga dikategorikan valid, (2) persentase kepraktisan 76,25% sehingga dikategorikan praktis, dan (3) persentase keefektifan 80,42% sehingga dikategorikan efektif.
Mathematics has an important role for the development of science and technology. One of the subject in mathematics is the Pythagorean theorem. To improve students ability of understanding the Pythagorean Theorem, learning media can be used as a tool to achieve learning goals. One of learning media innovation is learning media in the form of games (edu-games). Edu-games can be transform to smartphones applications with the android operating system to make edu-games easier to access and more practical in use. The goals of this research is to develop good quality android-based edu-games for pythagorean theorem based on three criteria, i.e. valid, practical, and effective. Edu-games was developed using the Borg & Gall method which has been simplified by the Puslitjaknov Team so that it consists of four steps, i.e. planning stage, developing product, expert validation and revision, and limited trial. Development of edu-games using Adobe Flash Professional CS6. The research instruments included validation sheets, media use questionnaires, and student questionnaire responses. The edu-games trial was conducted limitedly by 10 students of grade VIII Junior High School. The results of edu-games development shows that edu-games is declared as good quality by obtaining (1) validity score are 4,038 by media experts and 3,939 by material experts from a maximum score of 5 so edu-games fulfill the valid criteria, (2) practicality percentage is 76.25% so edu-games fulfill the practical criteria, and (3) the effectiveness percentage is 80.42% so edu-games fulfill the effective criteria.