Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Ekonomi
Kemandirian belajar siswa mengindikasikan bahwa siswa telah menerapkan pengaturan diri dengan baik, siswa mampu mengatur dan mengevaluasi sendiri proses belajarnya, menggunakan waktu secara efisien, mampu mengendalikan diri dalam berperilaku, serta tidak menggantungkan diri pada orang lain sehingga akan berdampak baik pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa pengaruh kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring atas hasil belajar ekonomi kelas X,XI, dan XII IPS SMA Negeri 14 Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan quantitative appoarch. Populasi terdiri dari seluruh siswa IPS SMA Negeri 14 Surabaya dengan total 350 siswa dan jumlah sampel sejumlah 177 siswa. Data kemandirian belajar dihimpun melalui kuesioner untuk mendapat informasi mengenai kemandirian belajar siswa serta dokumentasi guna mendapatkan data jumlah siswa dan hasil belajar ekonomi siswa. Data kemandirian belajar dan hasil belajar diolah menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui SPSS 23. Hasil pengolahan data memperlihatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi. Kemandirian belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 57,5%.
Kata kunci: belajar mandiri, pembelajaran daring, hasil belajar
Student learning independence indicates that students have implemented self-regulation well, students are able to organize and evaluate their own learning process, use time efficiently, are able to control themselves in behavior, and do not depend on others so that it will have a good impact on learning outcomes. The purpose of this study was to analyze the effect of student learning independence in online learning on the economic learning outcomes of class X, XI, and XII IPS in SMA Negeri 14 Surabaya. This research approach uses the quantitative appoarch. The population consisted of all IPS students of SMA Negeri 14 Surabaya with a total of 350 students and a total sample of 177 students. Learning independence data were collected through questionnaires to obtain information about student learning independence and documentation in order to obtain data on the number of students and student learning outcomes. Data on learning independence and learning outcomes are processed using simple linear regression analysis through SPSS 23. The results of data processing show that student learning independence in online learning has a positive effect on economic learning outcomes. Learning independence contributed to learning outcomes by 57.5%.
Keywords : independent learning, online learning, learning outcomes