PENERAPAN SOFTWARE BALSAMIQ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KERJA PROYEK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Nama : Prima Nur Hidayati Putri
NIM : 15010024029
Program Studi : Teknologi Pendidikan
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Sulistiowati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Software Balsamiq terhadap hasil belajar siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Jombang materi pokok “Membuat Storyboard atau Mindmapping sebuah aplikasi atau Website”. Software Balsamiqadalah Software yang dapat membantu siswa lebih memahami cara membuat Storyboard atau Mindmapping sebuah aplikasi atau Website. Penggunaan Software Balsamiqdalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Jenis penelitan ini adalah eksperimen dengan desain Randomized Postest-Only Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu Variabel Bebas dan Variabel Terikat, Variabel Bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Software Balsamiq, sedangkan Variabel Terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran Kerja Proyek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua yaitu observasi dan tes, metode observasi ini digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan prosedur penerapan Software Balsamiq, sedangkan metode tes pada penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja untuk meenilai hasil belajar siswa dalam membuat Storyboard atau Mindmapping sebuah aplikasi atau Website. Teknik analisis data dalam penelitian ini mennggunakan Uji T.
Analisis Uji T dilakukan untuk membandingkan hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis posttest diperoleh 2,99 (thitung > ttabel) untuk perbandingan antara kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol, dan 2,98 (thitung > ttabel) untuk perbandingan antara kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Adapun artinya terdapat pebedaan yang signifikan hasil belajar kedua kelompok, dan dengan menggunakan Software Balsamiqdapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat Storyboard atau Mindmapping sebuah aplikasi atau Website.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya perlakukan menggunakan Software Balsamiqhasil belajar siswa lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Office Power Point. Pada mata pelajaran Kerja Proyek materi Membuat Storyboard atau Mindmapping sebuah aplikasi atau Website Siswa Kelas XII Multimedia di SMK Negeri Jombang.
Kata kunci : Penerapan, Software Balsamiq, Membuat Storyboard atau Mindmapping sebuah aplikasi atau Website, Hasil Belajar.
THE IMPLEMENTATION OF BALSAMIQ SOFTWARE TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES ON WORK PROJECT SUBJECT OF THIRD GRADES STUDENTS OF MULTIMEDIA DEPARTMENT IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 JOMBANG
Name : Prima Nur Hidayati Putri
Study Program : S-1
Subject : Curriculum and Educational Technology
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Dra. Sulistiowati, M.Pd
This research aims to know the implementation of Balsamiq Software on third grades students’ learning outcomes of Multimedia Department in Vocational High School 1 Jombang with the main material “Making Storyboard or Mindmapping an Application or Website”. Balsamiq Software is Software that is able to help students have better understanding about making Storyboard or Mindmapping an Application or Website. The use of Balsamiq Software in pedagogical process is able to influence students’ learning outcomes.
This research is experimental research with Randomized Post-test Only Control Group Design. The variables of this research are Free Variable and Dependent Variable. Free variable in this research is the learning process using Balsamiq Software, while dependent variable is learning outcomes of Work Project Subject. The method of data collection in this research are observation and test. Observation is used to collect the data related to the procedure of implementation of Balsamiq Software, while test is used to assess students’ learning outcomes in making Storryboard or Mindmapping an Application or Website. Analysis data technique in this research uses T-test.
T-test analysis is done to compare the result of post-test between experimental group and control group. The result of post-test analysis is obtained 2,99 (tcount > ttable) for the comparison between experimental class one and control class, and 2,98(tcount > ttable) for the comparison between experimental class two and control class. This means that there are significance difference learning outcomes between those groups, and using Balsamiq Software is able to influence and increase students’ learning outcomes in making Storyboard or Mindmapping an Application or Website.
The conclusion in this research shows that the implementation of Balsamiq Software causes students’ learning outcomes better than the use of Microsoft Office Power Point. On the Work Project subject with the material to make Storyboard or Mindmapping an Application or Website of third grades students’ learning outcomes of Multimedia Department in Vocational High School 1 Jombang.
Keywords: The Implementation, Balsamiq Software, Making Storyboard or Mindmapping an Application or Website, Learning Outcomes.