The Correlation of Male Celebrity Endorsers to Purchasing decisions for Men In Shopee and Tokopedia
Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada khalayak. Pemasaran melalui iklan yang menggunakan celebrity endorser cenderung akan meningkatkan daya tarik terhadap iklan maupun produk itu sendiri. Terutama pada perusahaan di bidang kecantikan, iklan dengan celebrity endorser merupakan kunci penting untuk memasarkan sebuah produk. Hal ini juga berlaku pada nature republic sebagai brand kecantikan yang menggunakan celebrity endorser pria pada iklannya untuk memperkenalkan produknya ke khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan celebrity endorser pria terhadap keputusan pembelian pada pria di online marketplace Shopee dan Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuisioner yang digunakan sebagai instrument penelitian untuk mengumpulkan data dari responden. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pria yang pernah membeli produk nature republic secara online dengan jumlah sampel yang berjumlah 400 responden. metode analisis data yang digunakan adalah spearman rank correlation yang diujikan pada alat uji SPSS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang significant pada celebrity endorser pria terhadap keputusan pembelian produk nature republic pada pria di online marketplace.
Kata Kunci : iklan, celebrity endorser pria, nature republic, keputusan pembelian
Advertising is a part of a marketing strategy to introduce the company products to the public. Marketing through advertisements using the celebrity endorsers tends to increase the attractiveness of both the ad and the product itself. Especially for companies in beauty field, advertising with the celebrity endorsers is an important key to sell a product. This also applies to nature republic as a beauty brand that uses male celebrities endorsers in its advertisements to introduce its products to the public. This study aims to look at the correlation of male celebrities endorsers to purchasing decisions for men in the online marketplace of Shopee and Tokopedia. The method that is applied was a survey method with a questionnaire used as a research instrument to collect data from respondents. The sample that is aplicated in this study is men who have purchased nature republic products online with a total sample of 400 respondents. the data analysis method used is the Spearman rank correlation which is tested on SPSS test equipment. The results of this study stated that there is a significant positive correlation on male celebrity endorsers to purchasing decisions of nature republic products for men in the online marketplace.
Keywords: advertising, male celebrity endorser, nature republic, purchasing decisions