EMPATI PESERTA DIDIK SAAT BELAJAR KELOMPOK
STUDENT’S EMPATHY DURING GROUP STUDY
Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan efek terutama pada sektor pendidikan, peserta didik melakukan pembelajaran dari rumah, sehingga peserta didik mengalami masalah psikologis yaitu empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai empati dari peserta didik SMA kelas X serta penanganan yang telah dilakukan Guru BK di Sekolah terkait permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah Non-probability sampling berupa teknik sampling snowball. Melalui teknik sampling snowball, peneliti memperoleh sumber data melalui tiga siswa kelas X dan dua Guru BK. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket terbuka. Analisis data dengan menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bentuk-bentuk dari empati dalam belajar kelompok, faktor-faktor yang mempengaruhi empati, serta peranan BK dalam mengatasi fokus permasalahan empati peserta didik dalam belajar kelompok.
Kata Kunci: Empati, Belajar Kelompok, Bentuk Empati, Faktor, Peran BK
The emergence of the Covid-19 pandemic in Indonesia had an effect especially on the education sector, forcing students to do learning from home, so that students experienced psychological problems in the form of a decrease in emotional intelligence, namely empathy. This study aims to find out in depth about the empathy of class X high school students and the handling that has been carried out by the counseling teacher at school regarding these problems. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The sampling technique used is non-probability sampling in the form of a snowball sampling technique. Through the snowball sampling technique, researchers obtained data sources from three class X students and two counseling teachers. The techniques used in this study were interviews and open questionnaires. Data analysis used descriptive analysis, with three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion and verification. Based on the research results, it can be seen the forms of empathy in group learning, the factors that influence empathy, and the role of counseling in overcoming the focus of students' empathy problems in group learning.
Keywords: Empathy, Group Learning, Forms of Empathy, Factors, Role of Guidance and Counseling.