PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI TERHADAP MOTORIK KASAR DAN HALUS ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI PAUD MUTIARA KASIH DESA BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO
The influence of modified games on gross and fine motor skills of early childhood 4-5 years old at Mutiara Kasih preschool, Buduran Village, Sidoarjo Regency
Pengaruh permainan modifikasi terhadap motorik kasar dan halus anak usia dini 4-5 tahun di paud Mutiara kasih Desa Buduran Kabupaten Sidoarjo
Nama : Muhammad Zaidan Barki Muslim NIM : 20060484056 Program studi : Ilmu keolahragaan Fakultas : Ilmu keolahragaan dan Kesehatan Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dr. Noortje Anita Kumaat, M.Kes.
Permainan modifikasi merupakan suatu inovasi dari sebuah permainan yang ada diubah yang lebih sederhana atau permainan yang dirancang sesuai dengan kemampuan anak. Bahkan juga bisa membuat permainan baru yang mencangkup aturan, model alat atau kondisi permainannya. Modifikasi permainan sangat perlu diterapkan di pendidikan anak usia dini. Anak usia dini merupakan masa emas/golden age dimana pertumbuhan dan perkembangan dasar segala aspek anak berkembang pesat pada saat umur 4-5 tahun. Terutama perkembangan motorik. Motorik dibagi menjadi 2 motorik kasar dan motorik halus. Dengan penjelasan diatas pembelajaran anak usia dini seperti di PAUD (pendidikan anak usia dini) harus mengoptimalkan pembelajaran dengan memodifikasi permainan agar anak bisa mengembangkan pertumbuhan dan perkembangan motoriknya secara baik pada penelitian ini tujuan peneliti ingin mengetahui apakah modifikasi permainan berpengaruh terhadap motorik anak usia dini 4-5 tahun di paud Mutiara kasih desa Buduran kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau quasi eksperimental desing, sampel pada penelitian ini berjumlah 24 siswa paud Mutiara kasih dea Buduran pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian onegrup pre-test dan post-tes. Penelitian ini menggunakan instrument tes motorik anak dari dirjen olahraga depdiknas, hasil dari penelitian Hasil perhitunhgan diatas menunjukkan hasil dari kelompok post test eksperimen lebih tinggi (M= 23.0000, SD = 1.47710) menunnjukkan adanya tingkatan kepada kelompok kontrol ( t = 4.615, df = 22 ) dibandingkan dengan kelompok kontrol (M = 19.9167, SD = 1.78164) dari hasil tersebut didapat kenaikan yang signifikan terhadap kelas eksperimen.
Kata kunci : modifikasi permainan, motorik, anak usia dini 4-5 tahun.
Name : Muhammad Zaidan Barki Muslim NIM : 20060484056 Study Program : Sporst Science Faculty : Sports And Health Sciences University : Surabaya State University Advisor : Dr. Noortje Anita Kumaat, M.Kes.
A modified game is an innovation of an existing game that is changed to a simpler one or a game that is designed according to the child's abilities. You can even create new games that include rules, equipment models or playing conditions. Game modifications really need to be implemented in early childhood education. Early childhood is a golden age where the basic growth and development of all aspects of children develop rapidly at the age of 4-5 years. Especially motor development. Motor skills are divided into 2 gross motor skills and fine motor skills. With the explanation above, early childhood learning, such as in PAUD (early childhood education), must optimize learning by modifying games so that children can develop their motoric growth and development well. In this research, the aim of the researcher is to find out whether game modifications have an effect on the motor skills of early childhood 4- 5 years at Mutiara Love Preschool, Buduran Village, Sidoarjo Regency. This research uses quantitative research methods with a quasi-experimental or quasi-experimental design approach. The sample in this research was 24 Mutiara Kasih Dea Buduran preschool students. In this research, this research used one-group pre-test and post-test research. This study used children's motoric test instruments from the Directorate General of Sports, Ministry of National Education. The results of the research. The results of the calculations above show that the results of the experimental post test group were higher (M= 23.0000, SD = 1.47710) indicating a level compared to the control group (t = 4.615, df = 22 ) compared to the control group (M = 19.9167, SD = 1.78164) from these results a significant increase was obtained compared to the experimental class.
Keyword: Modification of games, motor skills, for early childhood 4-5 year