Cukup banyak olahan masakan modern dan restoran cepat saji yang berkembang diIndonesia, walau demikian olahan masakan tradisional masih membuktikan keberadaanya masih diminati oleh masyarakat luas dan mampu bertahan hingga saat ini, salah satunya menu Becek Buwuhan khas Tuban yang terdapat diBalerasa Jogo Istimewa Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Data dikumpulkan dengan angket yang disebarkan secara online menggunakan google formulir. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Balerasa Joglo Istimewa yang jumlah populasinya tidak dapat diukur dengan pasti. Sampel penelitian sebanyak 115 orang. Hasil penelitian menunjukan dari ketujuh faktor terbentuklah dua faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban. Faktor pertama yaitu faktor produk dan faktor kedua yaitu faktor budaya. Kelompok faktor produk dibentuk dari faktor produk, faktor psikologis, faktor sosial dan faktor resto atmosfer. Kelompok faktor budaya dibentuk dari faktor budaya, faktor harga dan faktor promosi. Kelompok faktor produk menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban dengan nilai varians sebesar 36,314%.
There are quite a lot of processed modern dishes and fast food restaurants that have developed in Indonesia, however, processed traditional dishes still prove their existence is still in demand by the wider community and is able to survive to this day, one of which is the Becek Buwuhan menu, typical of Tuban, which is found at Balerasa Jogo Istimewa Tuban. This study aims to analyze what factors are considered by consumers in making purchasing decisions at Becek Buwuhan Tuban. The research was conducted with a quantitativ approach with data analysis techniques using factor analysis. Data collection was carried out by using a question are distributed online using google forms. The population in this study is the consumers of Balerasa Joglo Istimewa whose population cannot be measured with certainty. The research sample was 115 people. The results showed that from the seven factors, two new factors were formed that influenced purchasing decisions at Becek Buwuhan Tuban. The first factor is the product factor and the second factor is the cultural factor. The product factor group is formed from product factors, psychological factors, social factors and restaurant atmosphere factors. The group of cultural factors is formed from cultural factors, price factors and promotion factors. The product factor group is the main factor influencing purchasing decisions at Becek Buwuhan Tuban with a variance value of 36.314%.