Motivasi Siswa Peserta dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri Sukodono
Student Motivation in Participating in Futsal Extracurricular Activities at Sukodono State Middle School
Motivasi adalah keinginan dari seseorang, yang mendorong untuk mengerahkan kemampuan maksimal untuk mencapai tujuannya. Bagi seorang peserta futsal motivasi berperan penting dalam mencapai prestasi. Motivasi bisa dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik dan intrinsik yang dapat menambah motivasi atlet optimal mencapai prestasinya. Motivasi ini juga mempengaruhi keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Namun pada sekolah SMPN 1 Sukodono, ditemukan bahwa ekstrakurikuler futsal mengalami penurunan partisipasi peserta pada setiap pertemuan, ini menandai kurang optimalnya kegiatan untuk mencapai tujuan latihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi peserta dan factor yang mempengaruhi tingkat motivasi siswa ekstrakurikuler futsal SMPN 1 Sukodono. Penelitian ini berjenis kuantitatif non eksperimen, dengan total populasi 53 siswa yang semuanya menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal SMPN 1 Sukodono berkategori “sedang”, diperoleh dari frekuensi terbesar 25 peserta (47%). Faktor intrinsik dan ekstrinsik saling mempengaruhi tingkat motivasi, namun yang dominan adalah faktor intrinsik.
Motivation is important to achieve athletes goals, including for a futsal participant. Motivation can influenced by extrinsic and intrinsic factors that can increase the athlete's motivation. Motivation also affects the activeness of participants in participating futsal extracurricular activities. At SMPN 1 Sukodono, was found that futsal extracurricular activities experienced a decrease in participant participation at each meeting, this indicates the activities to achieve training goals were less than optimal. Purpose this study to determine level of participant motivation and factors that influence level of motivation in futsal extracurricular activities at SMPN 1 Sukodono. This study type is quantitative non-experimental, with a total population of 53 students, all of whom is samples. Results of the study stated, level of student motivation participating futsal extracurricular activities at SMPN 1 Sukodono was “moderate” categorized. Intrinsic and extrinsic factors mutually influence level of motivation, but the dominant factor is intrinsic factor.