PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL TATA SURYA DI MASA PANDEMI
DESIGN OF AUGMENTED REALITY AS A LEARNING MEDIA ABOUT THE SOLAR SYSTEM IN PANDEMIC OUTBREAK
Pandemi global membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru demi menghentikan rantai penyebaran virus Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan untuk di rumah saja baik itu bekerja (Work From Home) maupun pembelajaran berbasis jaringan (daring) via E-learning. Penyampaian materi secara konvensional membuat siswa kurang tertarik dan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru, apalagi ketika membahas materi yang susah untuk diamati seperti tata surya. Oleh karena itu perlu adanya pemanfaatan teknologi guna terciptanya media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan augmented reality sebagai media pembelajaran mengenal tata surya dimasa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode ADDIE. Pengujian dilakukan dengan proses validasi dari sisi sistem dilakukan oleh developer dari realismARVR yang memperoleh nilai 93,4% untuk aspek visualisasi dan 100% untuk aspek sistem, sedangkan dari segi materi dilakukan oleh guru IPA kelas VI di MI NU Kedung Rejo memperoleh nilai 100%. Uji coba dilakukan kepada siswa dari SDN Candinegoro dan mendapat nilai 100% dari angket yang diberikan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran augmented reality berupa aplikasi pada platform android dengan teknik tracking marker menggunakan flashcard. Hasil uji coba yang dilakukan pada siswa menyebutkan bahwa media pembelajaran ini mudah digunakan dan siswa sangat tertarik pada pembelajaran menggunakan media seperti ini.
The global pandemic has made the government issue a new policy to stop the chain of spreading the Covid-19 virus by issuing a policy to stay at home, whether it's working (Work From Home) or network-based learning (online) via E-learning. Submission of material conventionally makes students less interested and difficult to understand the material presented by the teacher, especially when discussing material that is difficult to observe such as the solar system. Therefore, it is necessary to use technology to create effective learning media. This study aims to explain the process of developing augmented reality as a medium for learning about the solar system during a pandemic. This research is a development research that uses the ADDIE method. The test was carried out with a validation process from the system side, carried out by developers from realismARVR who scored 93.4% for the visualization aspect and 100% for the system aspect, while in terms of material it was carried out by a sixth grade science teacher at MI NU Kedung Rejo getting a score of 100%. The trial was conducted on students from SDN Candinegoro and got a score of 100% from the questionnaire given. This research produces augmented reality learning media in the form of applications on the android platform with tracking marker techniques using flashcards. The results of trials conducted on students stated that this learning media was easy to use and students were very interested in learning using this media.