PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PUKULAN PENCAK SILAT SISWA KELAS X DI SMK KESEHATAN NUSANTARA PAMEKASAN
THE EFFECT OF THE JIGSAW-TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE LEARNING OUTCOMES OF PENCAK SILAT PUNCHES FOR CLASS X STUDENTS AT SMK KESEHATAN NUSANTARA PAMEKASAN
ABSTRAK
Pendidikan jasmani adalah suatu kegiatan untuk tercapainya tujuan pendidikan, melalui pengembangan fisik, pembentukan mental, sosial, dan pengendalian emosional, hal ini tentunya guru akan lebih dimudahkan menggunakan model pembelajaran. Pada tipe jigsaw dalam pembelajaran kooperatif mempunyai karakteristik saling berhubungan antara siswa agar mencapai suatu hasil yang maksimal dalam belajar. Dalam materi PJOK tingkat SMK terdapat subbab pencak silat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa khususnya pukulan pencak silat dengan menerapkan tipe jigsaw dalam metode pembelajaran kooperatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen murni menggunakan desain randomized control group pretest-postest desain. Penelitian ini menggunakan instrument pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dengan sampel purposive sampling untuk menentukan kelas X Farmasi sebagai kelompok kontrol dan kelas X Perawat sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menggunakan uji nonparametrik dengan uji man whitney wilcoxon signed-rank test terdapat P-Value < 0.05 artinya ada perbedaan nilai ekperimen dengan kontrol. Pada kelompok ekperimen hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan uji N-Gain pengetahuan 89.3110%, keterampilan 95.1999%, dan sikap 67.7514%.
Kata Kunci : Pukulan, Pencak Silat, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw
ABSTRACK
Physical education is an activity to achieve educational goals, through physical development, mental, social, and emotional control, this of course teachers will be easier to use the learning model. The jigsaw type in cooperative learning has the characteristics of interconnection between students in order to achieve maximum results in learning. In the PJOK material at the vocational school level, there is a subchapter of pencak silat. This study aims to determine the influence on student learning outcomes, especially pencak silat punches by applying the jigsaw type in cooperative learning methods. In its implementation, this study uses a quantitative method with pure experiments using a randomized control group pretest-postest design. This research uses instruments of knowledge, skills, and attitudes. With purposive sampling samples to determine class X Pharmacy as the control group and class X Nurses as the experimental group. The results of the study using a nonparametric test with the man whitney wilcoxon signed-rank test had a P-Value < 0.05, meaning that there was a difference in the experimental value with the control. In the experimental group, student learning outcomes increased by using the N-Gain test of 89.3110% knowledge, 95.1999% skills, and 67.7514% attitude.
Keywords: Punch, Pencak Silat, Cooperative Learning Model, Jigsaw Type