Mulyadi, Ernitasari. 2024. Pengembangan Model
Collaborative Blended Learning Through Written Small Group Discussion (CBL
Through WiSGuD) Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa dan
Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Analitis Bahasa Inggris . Disertasi . Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya. Promotor : Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd, dan
Co Promotor: Dr. Andi Kristanto, M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan model pembelajaran, model CBL Through WiSGuD,
self-efficacy, keterampilan menulis.
Pembelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu mata
pelajaran yang wajib diajarkan pada siswa sekolah menengah atas, namun ditemukan beberapa permasalahan yang ada di
sekolah yaitu: (1) Siswa
kurang percaya diri dengan kemampuannya untuk belajar keterampilan menulis Bahasa Inggris (self efficacy yang rendah) . (2) Rendahnya keterampilan
menulis khususnya menulis teks eksposisi analitis bahasa Inggris.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) meng embangkan dan
menguji kelayakan model pembelajaran CBL Through WiSGuD untuk meningkatkan self-efficacy siswa dan ket erampilan menulis teks eksposisi analitis bahasa Inggris siswa kelas XI SMAN Model Terpadu
Madani Palu , 2) meng analisis kepraktisan model CBL Through WiSGuD untuk meningkatkan self-efficacy siswa
dan ket erampilan menulis teks eksposisi analitis bahasa Inggris, 3) meng analisis
keefektifan model CBL Through WiSGuD untuk meningkatkan self-efficacy siswa , 4) menganalisis keefektifan model CBL
Through WiSGuD untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi
analitis bahasa Inggris.
Desain penelitian adalah r esearch and d evelopment dengan menggunakan tahapan pengembangan model ADDIE.
Data diperoleh melalui
beberapa teknik yaitu: 1) data validasi, 2) wawancara, 3) kuesioner/angket, 4) observasi, 5) tes, dan 6) dokumentasi .
Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Teknik analisis data
kualitatif menggunakan triangulasi
yang terdiri dari 4 langkah. Teknik analisis data kuantitatif
terdiri dari : a) data angket validasi ahli terhadap
kelayakan dan keefektifan model ,
b) data angket respon siswa, dan c) hasil tes untuk meningkatkan
keterampilan menulis menggunakan paired t-test dengan bantuan software
SPSS versi 25.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) model, perangkat
pembelajaran serta instrumen model CBL Through WiSGuD masuk dalam
kategori layak. Rata-rata nilai
validitas: model 3,92; perangkat pembelajaran 3,72 dan instrumen penelitian
3,88, 2) rata-rata tingkat keterlaksanaan pembelajaran pada tahap skala luas
dan implementasi pada pembelajaran offline dan online yaitu
sekitar 87% atau terlaksana dengan baik,
dan masuk kategori praktis, 3) model CBL Through WiSGuD efektif
meningkatkan self-efficacy siswa, rata-rata hasil respon positif siswa yang
dirasakan masuk kategori cukup baik, siswa memiliki self-efficacy yang
cukup tinggi, 4) model CBL Through WiSGuD efektif meningkatkan
keterampilan menulis teks eksposisi analitis, hasil uji t berpasangan yaitu Sig. (2-tailed) : 0,000 atau < 0,05