Administrasi Sarana dan Prasarana merupakan salah satu mata pelajaran produktif di Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Pada semester gasal terdapat dua kompetensi dasar yaitu mendeskripsikan administrasi penerimaan dan pendistribusian sarana dan prasarana kantor, dan menentukan pelaporan penyimpanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Pada mata pelajaran ini membutuhkan kegiatan praktik karena berhubungan dengan suatu kegiatan yang ada di sebuah lembaga atau organisasi yaitu yang berkenaan dengan administrasi sarana dan prasarana, sehingga peserta didik dituntut untuk lebih aktif ketika proses pembelajaran. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penggunaan bahan ajar berupa LKPD dapat diterapkan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dapat dipelajari secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD, menganalisis kelayakan dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis demonstrasi yang telah dikembangkan.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik kelas XII APK 3 di SMKN 1 Jombang. LKPD berbasis Demonstrasi ini divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafik serta respon dari peserta didik. Instrumen lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli grafik, dan respon peserta didik diadaptasi dari BSNP tahun 2014 dengan menggunakan skala Likert untuk penilaian dari ahli dan respon peserta didik.
Hasil penilaian keseluruhan validasi para ahli mendapatkan persentase sebesar 90.12% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil uji coba terbatas mendapat persentase sebesar 97.5% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Demonstrasi pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana semester gasal sangat layak digunakan oleh peserta didik kelas XII APK ketika proses pembelajaran.
Kata kunci: LKPD, demonstrasi, sarana prasarana
Administrative Infrastructures is one of the subjects productive in Vocational High School (SMK). On the odd semester there are two basic competencies which describe the revenue administration and distribution of office facilities, and define storage reporting and maintenance of facilities and infrastructure. On these subjects requires practical activities as they relate to an activity that is in an institution or organization that is related to the administration of infrastructure, so that learners are required to be more active when the learning process. To support learning activities, the use of teaching materials in the form of LKPD can be applied that are tailored to the needs of learners and can be studied independently.
This research is a kind of research and development, using 4-D development model developed by Thiagarajan, et al that define, design, develop, and disseminate. Subjects of this study consisted of 20 learners class XII APK 3 at SMK 1 Jombang. This demonstration based LKPD validated by subject matter experts, linguists, and experts chart and the response of the learner. Instrument validation sheet materials experts, linguists, experts graphics, and response of learners adapted from BSNP 2014 using a Likert scale for the assessment of experts and response learners.
The results of the overall assessment of validation experts get a percentage of 90.12% to the category of "very decent". While the results of limited testing got a percentage of 97.5% to the category of "very good". It can be concluded that LKPD demonstration based on the subjects of Administrative Infrastructures odd semester extremely fit for use by the students of class XII APK when the learning process.
Keywords: LKPD, demonstration, facilities infrastructure