PERAN PENGASUH DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI KEGIATAN LIFE SKILL DI YAYASAN PKPPS NASY’ATUL BAROKAH (PENABER) BAWEAN
THE ROLE OF CARRIERS IN ESTABLISHING THE INDEPENDENCE OF STUDENTS THROUGH LIFE SKILL ACTIVITIES AT THE FOUNDATION PKPPS NASY'ATUL BAROKAH (PENABER) BAWEAN
Nama : Riskawati
NIM : 19010034002
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
Pondok pesantren memiliki karakteristik yang kuat dalam rangka membentuk kemandirian santri. Peran kiai sebagai pengasuh di Pondok Pesantren tidak hanya memfokuskan para santrinya belajar bidang agama saja, tetapi juga banyak kiai yang mulai membuka kepekaan para santrinya agar memiliki kepribadian yang mandiri dan kecakapan hidup. Di pondok pesantren terdapat pembentukan kemandirian yang lebih terlihat, dibuktikan dengan adanya kegiatan keterampilan, ekstrakulikuler dan kursus untuk meningkatkan kemandirian santri. Salah satunya yaitu di Yayasan Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesatren Salafiyah (PKPPS) Nasy’atul Barokah (PENABER) Bawean, pesantren tersebut cukup dikenal oleh masyarakat karena keunikan dan keunggulan kompetensi berbasis life skills yang diajarkan kepada para santrinya.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Yayasan PKPPS Nasy’atul Barokah (PENABER) Bawean bertempat di Dusun Paginda, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Analisis penelitian ini dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan trigulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan peran pengasuh sebagai suri tauladan, memberikan motivasi dan mengontrol dengan memberikan nasehat kepada santri untuk membentuk kemandirian santri secara nyata melalui kegiatan life skill. Bentuk kegiatan life skill yang diajarkan berupa kegiatan membatik, seni musik, seni bela diri, peternakan dan pertanian yang didukung dengan fasilitas yang memadai. Kemandirian dapat dilihat dengan sikap santri yaitu 1) memiliki kebebasan; 2) memiliki inisiatif; 3) memiliki rasa percaya diri; 4) bertanggung jawab; 5) ketegasan diri; 6) pengambilan keputusan; dan 7) kontrol diri. Penerapan kegiatan life skill dalam meningkatkan kemandirian santri dapat memberikan bekal dan menjadi sumber inspirasi bagi santri ketika kembali ke masyarakat.
Kata kunci : Peran Pengasuh, Life Skill, Kemandirian
Name : Riskawati
Departement : Non Formal Education
Faculty : Faculty of Edukation
Instituty : State University of Surabaya
Advisor : Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
Islamic boarding schools have strong characteristics in order to form the independence of students. The role of the kiai as caregivers at Islamic boarding schools does not only focus their students on studying religion, but also many kiai who have begun to open up the sensitivity of their students so that they have independent personalities and life skills. In Islamic boarding schools there is a more visible formation of independence, as evidenced by the existence of skills, extracurricular activities and courses to increase the independence of students. One of them is the Salafiyah Islamic Boarding School Equality Education Foundation (PKPPS) Nasy'atul Barokah (PENABER) Bawean, the pesantren is well known to the public because of the uniqueness and superiority of life skills-based competencies taught to its students.
The method used is descriptive qualitative research with data collection techniques of observation, interviews and documentation. The research location at the Bawean PKPPS Nasy'atul Barokah Foundation (PENABER) is located in Paginda Hamlet, Sukaoneng Village, Tambak District, Bawean Island, Gresik Regency, East Java. Analysis of this study by collecting data, condensing data, presenting data and drawing conclusions. After this stage, the validity of the data was tested by triangulation of sources.
The results of the study show the role of caregivers as role models, providing motivation and controlling by giving advice to students to form real student independence through life skill activities. The forms of life skill activities taught are in the form of batik activities, music arts, martial arts, animal husbandry and agriculture which are supported by adequate facilities. Independence can be seen by the attitude of the students, namely 1) having freedom; 2) have initiative; 3) have self-confidence; 4) be responsible; 5) self-assertiveness; 6) decision making; and 7) self-control. The application of life skill activities in increasing the independence of students can provide provisions and become a source of inspiration for students when they return to society.
Keywords: Caregiver Role, Life Skill, Independence