ANALISIS STRATEGI BISNIS HANTARAN DAN MAHAR PENGANTIN "CAMEO FRAME" DI SURABAYA
ANALYSIS OF BUSINESS STRATEGY HAMPERS AND DOWRY WEDDING "CAMEO FRAME" IN SURABAYA
Berbisnis di kota besar sangatlah sulit apalagi banyaknya persaingan dalam membuka usaha dalam bidang yang sama itu sulit untuk mempertahankan usahanya, tetapi bagi Cameo Frame itu semua tidak akan menggoyahkan dirinya. Cameo Frame merupakan usaha yang bergerak dalam bidang penyewaan atau pembeliaan Hantaran dan Mahar untuk acara pengantin yang berada di Jl. Ketintang Aspol blok E3. Surabaya dengan ruangan berbalut putih dihiasi dengan berbagai macam bahan Hantaran dan Mahar mulai dari : karton, kayu, kaca, akrilik, besi, dan macam-macam bahan lainnya dengan berbagai bentuk model seperti : lingkaran, kotak, segi enam, dan berbagai bentuk model lain serta produk yang dibuat dengan penuh keseriusan dan ketelitian sehingga dapat menghasilkan produk kreativitas yang unik dan menarik sesuai dengan keinginan konsumen. Berdasarkan strategi bisnis untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan harus melalui aspek produksi dengan membuat bentuk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dari aspek pemasaran, usaha ini mempromosikannya melalui media sosial yaitu Instagram, Facebook, internet, serta mengikuti pameran-pameran yang diadakan di dalam mall juga dengan cara mulut ke mulut dan dengan pembeli lama membawa pembeli baru. Dari Aspek keuangan, modal awal Rp. 30.000.000,- dengan menggunakan tabungan pribadi dan dalam satu bulan dapat memperoleh keuntungan Rp. 50.000.000,- dengan pencatatan keuangan hanya pengeluaran dan pemasukan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa didalam mengolah keuangan, pemasaran dan dari sisi strategi produksi, maka dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT yang meliputi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman (threats). Berdasarkan hasil diatas bahwa usaha Cameo Frame dinyatakan layak untuk dijalankan sebagai bisnis usaha yang menguntungkan dalam jangka panjang.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Hantaran dan Mahar Pengantin, Pemasaran, dan Produksi.
Doing business in a big city is very difficult especially since there is a lot of competition in opening a business in the same field, it is difficult to maintain its business, but for Cameo Frame it will not shake him. Cameo Frame is a business that is engaged in the rental or purchase of dowry wedding and hampers events located on Jl. Ketintang Aspol block E3. Surabaya with white clad room decorated with a variety of materials dowry and hampers ranging from: cardboard, wood, glass, acrylic, iron, and various other materials with various forms of models such as: circles, boxes, hexagons, and various other model shapes and products that are made with seriousness and accuracy so that they can produce unique and interesting creativity products in accordance with the wishes of consumers. Based on the business strategy to get profitable results, it must go through the production aspect by making a form in accordance with the wishes of the consumer. From the marketing aspect, this business promotes it through social media namely Instagram, Facebook, the internet, as well as participating in exhibitions held in the mall as well as by word of mouth and with old buyers bringing new buyers. From the financial aspect, the initial capital of Rp. 30,000,000 using personal savings and in one month can get a profit of Rp. 50,000,000, - with financial records is only expenditure and income. In this study shows that in processing finance, marketing and in terms of production strategies, it is analyzed using a SWOT analysis that includes strengths, weaknesses, opportunities, threats. Based on the above results, the Cameo Frame business is declared feasible to run as a profitable business in the long run.
Keywords: Business Strategy, Dowry Wedding and Hampers, Marketing, and Production.