Studi kepustakaan tentang "Self-Regulated Learning"
Literature study on "Self-Regulated Learning"
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor faktor yang berhubungan dengan Self-Regulated Learning sebagai pengganti proses belajar mengajar secara tatap muka, yang mana bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri peserta didik sehingga peserta didik akan mejadi lebih mandiri dan lebih termotivasi. Seperti yang kita tahu, pada masa pandemi seperti ini sangat beresiko bagi kita semua untuk berkumpul dalam suatu tempat meskipun dalam jumlah kecil karena akan membahayakan bagi diri kita sendiri, maka dari itu Self-Regulated Learning adalah langkah tepat untuk menunjang proses pendidikan peserta didik agar dapat terus mengenyam pendidikan meskipun dalam masa pandemi seperti sekarang. Metode pengumpulan data digunakan adalah dengan cara analisis artikel dan jurnal terkait karena sangat tidak memungkinkan untuk melakukan dokumentasi di lapangan di masa pandemi dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar, serta melakukan analisis isi , peneliti menggunakan teknik analisis isi demi manjaga keakuratan tinjauan pustaka dan kesalahan pemberian informasi dalam penulisan artikel ilmiah ini.
Hasil penelitian ini adalah terbentuknya kajian mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan Self-Regulated Leraning yang mengacu pada jurnal dan artikel ilmiah yang sudah pernah dibuat dan disusun.
Kata kunci : Self-Regulated Learning, motivasi, perilaku, metacognitive, monitoring diri
This research is a type of library research that aims to describe the factors associated with Self-Regulated Learning as a substitute for face-to-face teaching technique, its aims to improve the ability to control themselves so that students will become more independent and more motivated . As we know, during a pandemic, it is very risky for us to gather in a place even though in small numbers of persons, because it will be hazardous for ourselves, therefore Self-Regulated Learning is the right step to support the educational process of students in order to continue education even in the current pandemic. The data collection method used is by analyzing related articles and journals because it isnt possible to carry out documentation in the field during the pandemic and the local lockdown, as well as conducting content analysis, the researcher use content analysis techniques in order to preserve the accuracy of literature review and misinformation in writing this scientific article.
The results of this study are the formation of a study of factors related to Self-Regulated Leraning which refers to journals and scientific articles that have been made before.
Keywords : Self-Regulated Learning, motivation, behavior, metacognitive, self-monitoring