EFEKTIVITAS MANAJEMEN MOVING CLASS DAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK PROGRAM TAHFIDZ AL QUR`AN PADA ANAK USIA DINI
EFFECTIVENESS OF MOVING CLASS MANAGEMENT AND MULTIMEDIA UTILIZATION FOR AL QUR'AN MEMORY PROGRAM FOR EARLY CHILDHOOD
Mahmudah, 2024. Efektivitas manajemen Moving Class dan Pemanfaatan Multimedia untuk Program Tahfidz pada Anak Usia Dini. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Irena Yolanita Maureen, M.Sc., dan (2) Wulan Patria Saroinsong, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: manajemen, moving class, media pembelajaran, Tahfidz, anak usia dini.
Pendidikan anak usia dini memliki jenis-jenis perkembangan. Dalam aspek perkembangan dibagi beberapa diantaranya yaitu aspek perkembangan fisik, intelegensi/kognitif, bahasa, sosial, dan moral atau agama. Semua aspek perkembangan tersebut haruslah tumbuh dan kembang secara seimbang, supaya anak dapat tumbuh dan kembang secara optimal.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pelaksanaan manajemen Moving Class dan pemanfaatan multimedia untuk program Tahfidz pada anak usia dini, maka dalam pelaksanaan pelnellitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga dapat mengetahui lebih mendalam dan terperinci tentang suatu permasalahan atau fenomena yang hendak diteliti.
Penerapan Pengelolaan Moving Class dan Penemanfaatan multimedia dalam pembelajaran program Tahfidz bagi anak usia dini, dari hasil penelitian menunjukkan ada beberapa hal yang relevan. Pengelolaan moving class dan pemanfaatan multimedia yaitu media audio, media gestural dan media audio visual mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran Tahfidz, Sehingga pemanfaatan multimedia ini sangat efektif diberikan kepada anak usia dini.
Mahmudah, 2024. Effectiveness of Moving Class Management and Multimedia Utilization for Tahfidz Programs in Early Childhood. Thesis. Master of Early Childhood Education. Faculty of Education. State University of Surabaya. Advisor: (1) Dr. Irena Yolanita Maureen, M.Sc., and (2) Wulan Patria Saroinsong, M.Pd., Ph.D.
Keywords: management, moving class, learning media, Tahfidz, early childhood.
Early childhood education has types of development. In terms of development, it is divided into several aspects, namely physical development, intelligence/cognitive, language, social, and moral or religious aspects. All aspects of development must grow and develop in a balanced manner, so that children can grow and develop optimally.
The focus of this study is how effective the implementation of Moving Class management and the use of multimedia for Tahfidz programs in early childhood is, so in implementing this research, the researcher uses a qualitative descriptive approach, so that he can find out more deeply and in detail about a problem or phenomenon to be studied.
Implementation of Moving Class Management and Utilization of Multimedia in Tahfidz program learning for early childhood, from the results of the study showed that there are several relevant things. Moving class management and utilization of multimedia, namely audio media, gestural media and audio visual media can increase motivation and involvement in Tahfidz learning, so that the utilization of this multimedia is very effective given to early childhood.