PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN TOILET TRAINING ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) KARUNIA SURABAYA
THE EFFECT OF SKILL PICTURE STORY BOOKS ON TOILET TRAINING OF CHILDREN AGES 2-4 YEARS PLAYGROUP IN KARUNIA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku cerita bergambar terhadap keterampilan toilet training anak usia 2-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Karunia Surabaya yang kurang optimal. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 2-4 tahun yang berjumlah 13 anak. Aspek yang diamati yaitu aspek fisik, aspek emosional, dan aspek verbal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pretest posttest melalui pengujian non parametrik wilcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil pengujian wilcoxon match pairs test diperoleh peningkatan hasil dari pretest ke posttest. Hal itu menunjukkan adanya pengaruh buku cerita bergambar terhadap keterampilan toilet training anak usia 2-4 tahun.
Pada buku cerita bergambar berisi materi tentang cara membuka celana, jongkok diatas toilet, membersihkan diri/cebok, menyiram kotoran, dan memakainya kembali dengan menggunakan ilustrasi yang detail dan gambar yang berwarna-warni. Sehingga keterampilan toilet training kegiatan buang air besar atau buang air kecil yang dilakukan oleh anak mulai dari membuka celana sampai dengan memakai kembali celana.
Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan 1) bagi anak, dapat membentuk kepribadian yang lebih mandiri, 2) bagi sekolah, dapat menerapkan program toilet training, 3) bagi guru, dengan buku cerita bergambar dapat menjadi alternatif dalam mengajarkan materi toilet training, 4) bagi orang tua, dapat mempermudah orang tua dalam mengajarkan toilet training.
Kata kunci: buku cerita bergambar, toilet training, anak usia 2-4 tahun
The purpose of this study is to determine the effect of picture story books on the toilet training skills of children ages 2-4 in the less-than-optimal playgroup in Surabaya. Populations in this study were children ages 2-4, which consisted of 13 children. The aspects observed were physical, emotional, and verbal. The research method used in this study is the pre-experimental design method in the form of a one-group pretest-posttest through the nonparametric Wilcoxon Match Pairs test. An increase in results was obtained from the pretest to the posttest. This shows the effect of picture story books on toilet training skills for children ages 2-4.
The picture story book contains material on how to take off your pants, squat over the toilet, clean yourself or wipe up, flush the dirt, and put them back on using detailed illustrations and colorful pictures. So that the toilet training skills of defecating or urinating are carried out by children, starting from opening their pants to putting their pants back on.
Therefore, the results of this study are expected: 1) for children to form a more independent personality; 2) for schools to implement toilet training programs; 3) for teachers, picture story books can be an alternative to teaching toilet training material; and 4) for parents to make it easier for parents to teach toilet training.
Keywords: picture story books, toilet training, children ages 2-4 years.