Peran Guru PPKn dalam Membina Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo
The Role of PPKn Teachers in Fostering Social Care Characters in Students at SMAN 1 Gedangan Sidoarjo
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam membina karakter peduli sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Gedangan. Teori yang digunakan peneliti adalah teori Behaviorisme B.F Skiner. Dalam pengkondisian operan tersebut terdapat penggunaan penguatan yang nantinya mempengaruhi konsekuensi perilaku. Untuk menguatkan tindakan atau perilaku dibagi menjadi dua, yaitu ada penguatan yang bersifat positif dengan cara memberikan penghargan kepada peserta didik. Sedangkan enguatan negative berupa memberikan hukuman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembinaan karakter peduli sosial pada peserta didik, peran guru yang paling dominan untuk menciptakan karakter peduli sosial di sekolah, antara lain sebagai motivator, korektor dan pembimbing. Guru sebagai motivator adalah memberikan pembinaan karakter peduli sosial secara verbal dan nonverbal. Sebagai korektor, guru memberikan pembinaan karakter peduli sosial dengan menilai dan mengkoreksi semua sikap, tingkah laku, dan perbuatan peserta didik. Sebagai pembimbing, guru memberikan pembinaan karakter peduli sosial dengan strategi keteladanan, pengondisian lingkungan, dan kegiatan rutin untuk membimbing peserta didik supaya memili karakter peduli sosial pada dirinya.
The purpose of this study is to describe the role of PPKn teachers in fostering the character of social care students in SMA Negeri 1 Gedangan. This study used the B. F Skinner behaviorist theory. In operant conditioning there is the used of reinforcement which in turn influences behavioral consequences. Strengthening behavior is divided into two, namely positive reinforcement by giving appreciation and negative reinforcement, one of which is by giving punishment to students. This type of research used descriptive qualitative. Data were collected using observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that in fostering the character of social care for students, the most dominant role of teachers to create the character of social care in schools is as a motivator, corrector and supervisor. As a motivator, the teacher provides verbal and nonverbal social care character development. As a corrector, the teacher provides social care character development by assessing and improving all student attitudes and behaviors. As a guiding teacher providing social care character development with exemplary environmental conditioning strategies and routine activities to guide students to have the character of social care in themselves