STUDI FENOMENOLOGI MOTIF PENGGUNA BRAND LOKAL HIGH END PADA MAHASISWA SURABAYA PENGGUNA BUTTONSCARVES
PHENOMENOLOGICAL STUDY OF HIGH END LOCAL BRAND USER MOTIVES IN SURABAYA STUDENTS WHO USE BUTTONSCARVES
Nama : Hazira Jasmine Rachmadhai
Program Studi : SI Ilmu Komunikasi
Jurusan : Ilmu sosial
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Gilang Gusti Aji, S.I.P.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan Mahasiswa Kota Surabaya mengapa lebih memilih menggunakan produk lokal high end dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui motif Mahasiswa Kota Surabaya dalam menggunakan produk lokal high end. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori fenomenologi berdasarkan pandangan Alfred Schutz. Pendekatan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa fenomena penggunaan brand lokal high end Buttonscarves dominan di latar belakangi karena produk Buttonscarves mampu memberikan kesan luxury ketika sedang menggunakan produk Buttonscarves dan memberikan value lebih bagi penggunanya, selain itu kualitas yang dimiliki oleh Buttonscarves tidak bisa dimiliki oleh produk lain. Sedangkan faktor internal yag menjadi motif penggunaan brand lokal high end Buttonscarves karena pengaruh media sosial, influencer, kebutuhan dan dorongan orang terdekat, kenyamanan dan kualitas. Selain itu, faktor eksternal pada penelitian ini di dominasi oleh tingkat kesadaran dan citra merek Buttonscarves di kalangan masyarakat serta pengaruh komunitas. Mahasiswa Surabaya turut aktif dalam support brand lokal, mahasiswa kini sangat bangga ketika menggunakan brand lokal daripada menggunakan brand luar negeri tetapi tidak original. Karena itu, mahasiswa mendukung aksi gerakan #Lokalpride.
Kata Kunci: Studi Fenomenologi, Motif Penggunaan, Brand Lokal, High end, Pengguna Buttonscarves
ABSTRACT
This research aims to find out the reasons why Surabaya City Students prefer to use local high end products and this research also aims to find out the motives of Surabaya City Students in using local high end products. The theory in this study uses phenomenological theory based on the views of Alfred Schutz. The approach in this research is qualitative with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The results showed that the phenomenon of using the local high end brand Buttonscarves is dominant in the background because Buttonscarves products are able to give the impression of luxury when using Buttonscarves products and provide more value for its users, besides that the quality owned by Buttonscarves cannot be owned by other products. Meanwhile, the internal factors that become the motive for using the local high end brand Buttonscarves are due to the influence of social media, influencers, the needs and encouragement of the closest people, comfort and quality. In addition, external factors in this study are dominated by the level of awareness and brand image of Buttonscarves among the public and the influence of the community. Surabaya students are also active in supporting local brands, students are now very proud when using local brands rather than using foreign brands but not original. Therefore, students support the #Lokalpride movement.
Keywords: Phenomenological Study, Motives for Use, Local Brand, High end, Buttonscarves Users.