Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Etnomatematika: Eksplorasi Pada Artefak Kerajaan Singosari
Kode Dokumen
:
0021/FMIPA-PMAT/2020
Penulis Utama
:
DHIAJENG WULANDARI
NIM Penulis Utama
:
16030174008
Tahun
:
2020
Judul ID
:
Etnomatematika: Eksplorasi Pada Artefak Kerajaan Singosari
Judul EN
:
Ethnomathematics: Exploration of Singosari Kingdom Artifacts
Sumber
:
UNESA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Jurusan S1 Pendidikan Matematika - 16030174008 - 2020
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Matematika merupakan salah satu hasil budaya manusia, mulai dari kegiatan membuat pola, merancang, menghitung, dan menerapkannya dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Pembelajaran yang mengaitkan materi dengan konteks kehidupan siswa dan budayanya akan memudahkan siswa dalam memaknai pembelajaran. Salah satu yang menjadi jembatan dari pendidikan dan budaya yaitu etnomatematika. Indonesia memiliki keberagaman budaya dan setiap kebudayaannya menghasilkan artefak. Budaya peninggalan Kerajaan Singosari yaitu berupa artefak dan juga aktivitas manusianya. Pendidikan penting dalam proses pewarisan budaya dan budaya penting untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menggali dan mendeskripsikan konsep matematika yang diaplikasikan dan dikembangkan pada arsitektur bangunan candi peninggalan Kerajaan Singosari yaitu Candi Singosari, Candi Sumberawan, Candi Kidal, serta konsep matematika yang diaplikasikan pada Kerajinan Cobek Batu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis domain, analisi taksonomi, dan analisis komponen. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsep matematika yang diterapkan pada arsitektur bangunan candi peninggalan Kerajaan Singosari dan kerajinan cobek batu yaitu konsep geometri (balok, limas segiempat terpancung, tabung, persegi, lingkaran, segidelapan, segitiga, dan belahketupat), transformasi (refleksi dan translasi), pola bilangan, perhitungan, serta pengukuran.
Kata Kunci: eksplorasi, etnomatematika, artefak.
Abstrak EN
:
Mathematics is a results of human culture, start from the activity to make a pattern, designing, counting, and apply it to solve the problem in daily life. Learning with used context that closely with student’s daily life and their culture will help students to interpret the topic. One of the study that will connect between education and culture is ethnomathemathics. Indonesian has varied cultural diversity and each culture have an artifact. The cultural heritage of Singosari Kingdom that have an artifact and also human activity. Education is important thing to help the process of cultural inheritance and also culture is important to apply in education. This research aimed to explored and described of mathematics concepts that applied and developed in the temples building architecture of Singosari Kindom and Cobek Batu craft. Singosari Kingdom heritage temples are Singosari Temple, Sumberawan Temple, and Kidal Temple. The type of this research is qualitative research with ethnography approach. Data was collected by interview, observation, and documentation. A data analysis technique that used in this research are domain analysis, taxonomi analysis, and component analysis. The result showed that there are mathematical concepts that applied in the temples building architecture of Singosari Kingdom and Cobek Batu craft such as geometri concept ( cuboid, frustum of pyramid, cylinder, square, circle, octahedron, triangle, and rhombus), transformation (reflection and translation), number patterns, counting, and measuring.
Keywords: exploration, ethnomathematics, artifact.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran