Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Ketahanan Pangan, Industri, Energi di SMAN 19 Surabaya
The Development of Interactive Multimedia of Endurance Food, Industry, Energy in SMAN 19 Surabaya.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android yang layak dan sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi Ketahanan Pangan, Industri dan Energi pada mata pelajaran Geografi kelas XI di SMAN 19 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Variabel yang dikaji adalah kelayakan multimedia interaktif pada materi Ketahanan Pangan, Industri dan Energi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada seorang ahli materi (guru pengampu mata pelajaran Geografi) dan seorang ahli media (dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya). Hasil dari perhitungan data angket yang diperoleh akan diukur menggunakan penilaian skala Guttman, yang mana akan didapatkan jawaban berupa “ya” dan “tidak”. Hasil pengukuran menunjukan presentase dari penilaian para ahli, dari uji coba kelayakan materi adalah sebesar 100% dan uji kelayakan pada multimedia interaktif adalah sebesar 100%, uji kelayakan bahan penyerta adalah sebesar 100%. Ketiga hasil tersebut termasuk dalam kriteria penilaian yang sangat baik dan layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi Ketahanan Pangan, Industri dan Energi telah layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Geografi kelas XI di SMAN 19 Surabaya.
Kata Kunci : pengembangan, multimedia intektif, ketahanan pangan, industri dan energi
The purpose of this research development is to produce interactive multimedia that has been developed and suitable with the objectives and characteristics of the subject matter of Endurance Food, Industry and Energy in the subject of Geography class XI Senior High School 19 Surabaya. The development model used is the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The variables studied are the feasibility of interactive multimedia in the subject matter of Endurance Food, Industry and Energy. Data collection was performed using questionnaires given to material experts (teacher supporting in the subject of Geography), media experts (lecturer majoring in Curriculum and Technology in State University of Surabaya). The results of the analysis using questionnaires will be using measurements with a Guttman scale, which will get a “yes” or “no” answer. The measurement results show the percentage of expert judgment, from material experts feasibility test is 100%, from the feasibility test on the media interactive multimedia is 100%, and the feasibility test on accompanying materials is 100%. All the results are included in very decent assessment criteria and feasibility. So it can be concluded that the development of interactive multimedia media on the subject matter of Endurance Food, Industry and Energy in the subject of Geography class XI Senior High School 19 Surabaya.
Keywords : development, interactive multimedia, endurance food, industry and energy