The Use of Mobile Learning in Socio Scientific Issue-Based Inquiry Learning to Improve Students' Scientific Thinking Skills
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir scientific siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning dan tanpa menggunakan mobile learning. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan dua kelas yang masing masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini melibatkan 50 siswa kelas VII dengan menggunakan instrumen soal kemampuan berpikir scientific, lembar keterlaksanaan, serta angket motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir scientific siswa pada kelas eksperimen, dimana rata rata pada setiap indikator berpikir scientific mengalami peningkatan. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir scientific siswa adalah motivasi belajar. Prestasi belajar siswa meningkat ketika motivasi belajar siswa meningkat. Pada penelitian ini motivasi siswa setelah pembelajaran mencapai 86% yang menunjukkan bahwa motivasi siswa meningkat setelah pembelajaran.
Kata kunci : mobile learning, scientific, motivasi
This study aims to find out the comparison of students' scientific thinking ability after learning using mobile learning and without using mobile learning. This study uses a quasi-experimental design with two classes, each as an experimental class and a control class. This research involved 50 grade VII students using instruments on scientific thinking skills, implementation sheets, and student motivation questionnaires. The results of this study showed an increase in students' scientific thinking skills in the experimental class, where the average of each scientific thinking indicator increased. The factor that affects the improvement of students' scientific thinking ability is learning motivation. Student learning achievement increases when student learning motivation increases. In this study, student motivation after learning reached 86%, which shows that student motivation increases after learning.
Keywords: mobile learning, scientific, motivation