STUDI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19
STUDY OF STUDENTS SELF REGULATED LEARNING IN ONLINE LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC ERA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan instrumen kemandirian belajar mahasiswa untuk proses pengumpulan datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah 3751 mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan total sampel minimal 362 mahasiswa yang diperoleh dari perhitungan slovin dengan teknik Cluster Random Sampling. Selanjutnya seluruh data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan microsoft excel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa kemandirian belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dalam pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 berada dalam kategori sedang, di mana berarti kemandirian belajar mahasiswa dalam perkuliahan daring sudah baik, namun masih perlu adanya adaptasi yang lebih baik dari mahasiswa dikarenakan pada indikator bertanggung jawab, mahasiswa berada pada kategori rendah, di mana mahasiswa belum mampu untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri terhadap kegiatan dan perencanaan pembelajaran yang mereka miliki.
Kata Kunci: Kemandirian belajar, Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19.
ABSTRACT
The purpose of this study was to find out an overview of self-regulated learning in online learning in the era of the covid-19 pandemic. This type of research is a descriptive research with a quantitative approach that uses self-regulated learning instruments for the data collection process. The population in this study were 3751 active students of the Faculty of Education, State University of Surabaya with a minimum total sample of 362 students obtained from slovin calculations using the Cluster Random Sampling technique. Furthermore, all data were analyzed using descriptive statistical methods with the help of Microsoft Excel. Based on the result of this research, the results show that the self-regulated learning of students of the Faculty of Education, State University of Surabaya in online learning in the Covid-19 pandemic era is in the medium category, which means that the self-regulated learning of students in online lectures is good, but there’s still need for better adaptation of students due to the indicators of responsibility, students are in the low category, where students are not yet able to be responsible for themselves for the activities and learning plans they have.
Keywords: Self-regulated learning, Online learning, Covid-19 pandemic.