ABSTRAK
PERILAKU ORANGTUA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TK X SIDOARJO
Nama : Maidah Widya Winingrum
NIM : 15010684083
Program Studi : S1 Jurusan : PG PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan anak usia dini memiliki jenjang pendidikan formal yang perlu diberikan mulai anak sejak dini. Prinsip belajar sambil bermain merupakan prinsip pendidikan anak usia dini. Pada lembaga pendidikan anak usia dini secara formal yaitu TK (Taman Kanak-kanak). Peran guru merupakan peran penting dalam kegiatan belajar mengajar dan sekolah memiliki peraturan yang akan dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) perilaku orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di TK X Sidoarjo, (2) faktor pengaruh perilaku orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di TK X Sidoarjo, (3) peran orangtua di sekolah dan (4) peran guru di sekolah. Model penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perilaku orangtua dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Ketidakbolehan orangtua dalam mendampingi anak saat kegiatan belajar mengajar sudah di terapkan pada tata tertib tertulis dan sudah disosialisaikan dari sekolah. Perilaku orangtua dapat diamati secara langsung dengan melihat ketika orangtua sedang mengarahkan dan membantu menyelesaikan tugas anak. Orangtua memiliki alasan dan orangtua belum memahami peran ketika anak-anak sedang dalam kegiatan belajar mengajar. Guru berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengingatkan kepada orangtua yang masih mendampingi dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: perilaku orangtua, peraturan tata tertib, kegiatan belajar mengajar
ABSTRACT
PARENT'S BEHAVIOR IN TEACHING LEARNING ACTIVITIES AT TK X SIDOARJO
Name
: Maidah Widya Winingrum
NIM
: 15010684083
Study Program
: S1
Department
: PG PAUD
Faculty :Science Education
Institute : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd.
Early childhood education has a level of formal education that needs to be given from an early age. The principle of learning while playing is the principle of early childhood education. In early childhood education institutions formally, namely TK (Kindergarten). The role of the teacher is an important role in teaching and learning activities and the school has regulations that will be implemented properly.
The purpose of this study was to obtain a description of (1) the behavior of parents in teaching and learning activities at TK X Sidoarjo,
(2) the influence factors of parental behavior in teaching and learning activities in X Sidoarjo Kindergarten, (3) the role of parents in school and (4) teacher role in school.
This research model uses a descriptive qualitative research approach. The technique of collecting data uses observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman models, namely data reduction, data presentation and verification/conclusion drawing.
The results of this study indicate the existence of parental behavior in teaching and learning activities in the classroom. The inability of parents to accompany children when teaching and learning activities have been applied to written rules and socialized from school. Parental behavior can be observed directly by seeing when a parent is directing and helping to complete a child's assignment. Parents have a reason and parents do not understand the role when children are in teaching and learning activities. The teacher strives to create pleasant learning and reminds parents who are still accompanying and involved in teaching and learning activities.
Keywords: parental behavior, rules of order, teaching and learning activities