Perbandingan Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Danovar Dengan Film Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Harris Nizam (Kajian Alih Wahana)
A Comparison Of Surat Kecil Untuk Tuhan Novel By Agnes Danovar with Surat Kecil Untuk Tuhan Films By Harris Nizam (Study of Transfer vehicles)
ABSTRAK
Penelitian dengan judul Perbandingan Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Danovar Dengan Film Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Harris Nizam (Kajian Ahli Wahana) ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan strukur naratif, konsistensi dialog, penciutan, dan juga perubahan variasi pada novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Danovar dengan Film Surat Kecil Untuk Tuhan karya Harris Nizam.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data ini adalah novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davanor dan Film Surat Kecil Untuk Tuhan karya Harris Nizam. Penelitian ini difokuskan pada perubahan struktur, konsistensi doalog, penciutan dan perubahan variasi. Data diperoleh dengan teknik dokumen meliputi dokumen pustaka dan dokumen film. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui membaca ulang dan menonton ulang.
Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Perubahan struktur naratif. Perubahan struktur naratif yang berupa alur, tokoh, dan latar peristiwa terdapat perubahan antara novel dan film. Pada alur, novel memiliki alur maju sedangkan pada film memiliki alur campuran. Tokoh mengalami perubahan atau pemangkasan. Pada novel terdapat tiga tokoh utama, enam belas tokoh pendukung dan enam tokoh bayangan. Sedangkan pada film terdapat empat tokoh utama dan sebelas tokoh pendukung tanpa ada satupun tokoh bayangan. Pada latar terdapat pemangkasan juga perubahan latar peristiwa. Pada novel latar peristiwa berjumlah empat belas diantaranya : kamar keke, sekolah Al-Akmal, Lapangan Volley Sekolah Al-Akmal, UKS Sekolah Al-Akmal, Kantin sekolah Al-Akmal, rumah keke, ruang medis dokter Adi Kusuma (dokter pribadi keluarga Keke), ruang medis Prof. Lukman, rumah pak haji di Banten, ruang medis Prof. Mukhlis, Kantin runmah sakit Prof. Mukhlis, dalam mobil Pak Jodi (Ayah Keke), Villa Bandung dan Rumah Sakit Singapura. Sedangkan pada film terdapat sebelas latar peristiwa diantaranya : kamar keke, sekolah Al-Akmal, ruang medis dokter perempuan, rumah Keke, Dalam mobil Pak Jodi (Ayah Keke), Rumah Pak Haji di Banten, ruang medis Prof. Mukhlis, taman, Jalan tempat balapan liar, sanggar tari, dan tempat acara Ritem and dance. konsistensi dialog pada isi novel dan film walaupun terdapat beberapa persamaan namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Penciutan, terdapat cerita-cerita yang penting yang tidak dimunculkan di filmnya. Bukan hanya penciutan, pada film juga terdapat perubahan-perubahan variasi sehingga membuat novel dan film memiliki perbedaan cerita meskipun tidak menghilangkan cerita yang sebenarnya.
ABSTRACT
This research is aimed at describing change of narrative structure, dialog consistency, shrinkage and variation changes in Surat Kecil Untuk Tuhan novel by Agnes Danovar and Surat Kecil Untuk Tuhan film by Harris Nizam.
The appropriate method used in descriptive qualitative since. This data from Surat Kecil Untuk Tuhan novel by Agnes Danovar and Surat Kecil Untuk Tuhan film by Harris Nizam. This research is focused in changes of narrative structure, dialog consistency, shrinkage and variation changes. The data are obtained document technique, library document and film document. Data were analyzed with qualitative descriptive technique. Data validity are obtained from reading and watching.
The researcher found that first, changes of narrative structure, changes of narrative structure there are plot, figure and event background. There is a change between novel and film. In Plot, the novel have a chronological plot and in the film have a mix plot. A figure has changes and cutting. In the novel there are three protagonist, sixteen supporting figure and shadow figure, and in the film there is four protagonist and eleven supporting figure without shadow figure. In the event background there are cutting and changes event background and in the event background novel there are: Keke’s room, Al- akmal school, volleyball court Al-akmal school, UKS Al-akmal school, foodcourt school, kekes’s house, medical room Dr Adi Kusuma (privation doctor kekes’s family), medical room Prof Lukman, Pak Haji’s house in Banten, medical room Prof Muhklis, hospital foodcourt Prof Mukhlis, inside car of pak Jodi (Keke’s father), bandung villa’s and Singapore hospital. While on film there are eleven event background: Keke’s room, Al-akmal school, medical room female doctor, Keke’s house inside of pak Jodi’s car (Keke’s father), pak haji house in Banten, medical room Prof Mukhlis, garden, wild racing place,. A dialogue consistency has change in the distribution dialogue. dialogue consistency in the contents of novels and films although there are some similarities but both have significant differences. Shrinkage, there is a important stories that no appear in film. Not only shrinkage, in the film there is change variation that made novel and film have changed stories although no losed the real stories.