Pendidikan merupakan suatu hal penting bagi kehidupan manusia. Keberhasilan peserta didik dalam memahami dan menerapkan ilmu yang di dapat dalam pembelajaran merupakan target utama di dunia pendidikan. Game merupakan salah satu media yang sangat membantu dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didik, khususnya pada mata pelajaran yang terbilang sulit seperti pelajaran kimia. Untuk membantu peserta didik memahami materi kimia tersebut, maka dibuatlah sebuah game edukasi bernama Simple nomic. Game ini memiliki misi mengumpulkan diamond sebanyak mungkin, serta menjawab soal dengan benar hingga mencapai finish.
Penilaian skor akhir pada game ini didasarkan pada 3 aspek nilai yaitu jumlah diamond, jumlah nilai menjawab soal, dan waktu untuk menjawab soal. 3 aspek ini digunakan agar penilaian pada skor akhir tidak hanya tergantung pada aspek nilai soal saja. Untuk bisa memproses aspek nilai tersebut hingga menjadi skor akhir, digunakan algoritma fuzzy sugeno untuk menghitung skor akhir sehingga bisa ditentukan jumlah bintang yang di dapatkan oleh pemain.
Penerapan fuzzy pada permainan simple nomic ini telah berjalan dengan baik. Dimana permainan ini telah memberikan nilai skor akhir yang sesuai pada setiap levelnya. Error yang dihasilkan pada percobaan tiap level yaitu sebesar 0 %.
Kata Kunci : Game, Logika Fuzzy Sugeno, Pendidikan, Tatanama Senyawa Kimia
Education is an important things for human life. The success of students in understanding and applying the knowledge acquired in learning is the main target in education. Game is one of the media that is very helpful in delivering lessons to students, especially in subjects that are fairly difficult such as chemistry lessons. To help students understand the chemical material, an educational game called Simple nomic was made. This game has the mission to collect as many diamonds as possible, and answer questions correctly until it reaches the finish.
Assessment of the final score in this game is based on 3 aspects of value,the number of diamonds, the number of values answered the question, and time to answer the questions. These 3 aspects are used so that the assessment of the final score does not only depend on the aspect values of the questions.To process aspect of the value until it becomes the final score, Sugeno fuzzy algorithm is used to calculate the final score so that the number of stars obtained by the player can be determined.
Fuzzy applications in simple nomic games have been going well.This game has given the final score according to each level. The error value obtained in each level experiment is 0%.
Keywords : Game, Sugeno Fuzzy Logic, Education, Chemical Nomenclature