Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, aktivitas, hasil belajar, dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis SAVI materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini menggunakan "one group pretest-posttest design". Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis SAVI dengan nilai rata-rata 3,31 dan 3,78 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa somatic sebesar 20,53% pada pertemuan pertama dan 17,83% pertemuan kedua, siswa intellectual sebesar 12,35% pada pertemuan pertama dan 11,7% pertemuan kedua, siswa auditory sebesar 11,7% pada pertemuan pertama dan 11,7% pertemuan kedua, siswa visual sebesar 11,58% pada pertemuan pertama dan 10,88% pertemuan kedua. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persentase waktu yang relevan sesuai dengan gaya belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Ketuntasan hasil belajar semua siswa sebesar 94% pada pertemuan pertama dan 97% pada pertemuan kedua. Respon siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis SAVI sangat baik dengan persentase respon positif sebesar 98,61%.
Kata kunci: Kooperatif, TPS, SAVI, hasil belajar, respon.
This study aims to describe the implementation, activities, learning outcomes, and student responses after the application of SAVI type TPS-based cooperative learning models of electrolyte and non-electrolyte solution materials. This study uses "one group pretest-posttest design". The implementation of SAVI-based TPS type cooperative learning model with an average value of 3.31 and 3.78 in the excellent category. Somatic student activity at 20.53% at the first meeting and 17.83% at the second meeting, intellectual students at 12.35% at the first meeting and 11.7% at the second meeting, auditory students at 11.7% at the first meeting and 11, 7% the second meeting, visual students by 11.58% at the first meeting and 10.88% the second meeting. This shows that students have a relevant percentage of time in accordance with the learning style with the type of cooperative learning model TPS. Complete learning outcomes of all students by 94% at the first meeting and 97% at the second meeting. Student responses after SAVI-based TPS type cooperative learning were very good with a percentage of positive responses of 98.61%.
Keywords: Cooperative, TPS, SAVI, learning outcomes, response