STUDI KEPUSTAKAAN TEKNIK MODELING UNTUK ACADEMIC EFFICACY PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH
LITERATURE STUDY OF MODELING TECHNIQUES FOR MIDDLE SCHOOL STUDENTS ACADEMIC EFFICACY
Dalam pelaksanaan proses pendidikan tidak menutup kemungkinan jika terjadi sebuah kegagalan. Kegagalan yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh kurangnya kemampuan intelektual tetapi dipicu oleh berbagai faktor yang lain. Faktor yang mempengaruhi salah satunya academic efficacy. Namun kenyataan menunjukkan adanya peserta didik dimana mempunyai academic efficacy tingkat bawah. Dengan begitu perlu adanya langkah perbaikan untuk mengoptimalkan academic efficacy yang melekat didalam diri peserta didik melewati adanya penerapan layanan konseling melalui teknik modeling. Penelitian kali ini memiliki tujuan sebagai sarana untuk mendeskripsikan bahwa teknik modeling bisa diterapkan untuk memaksimalkan academic efficacy didalam diri peserta didik. Metode dalam penelitian ini mengimplementasikan jenis penelitian studi kepustakaan yang bersumber data sebanyak 12 jurnal. Prosedur pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan pada penelitian kali ini merupakan teknik analisis isi. Hasil kajian yang merujuk pada sumber jurnal mengemukakan mengenai empat poin yaitu 1) Tingkat academic efficacy peserta didik; 2) Sasaran penggunaan teknik modeling untuk academic efficacy; 3) Keberhasilan penggunaan teknik modeling untuk academic efficacy; 4) Bentuk-bentuk teknik modeling yang digunakan untuk academic efficacy.
Kata Kunci: Studi Kepustkaan, Academic Efficacy, Teknik Modeling
During the implementation of the education process, there is an open possibility of failure. Not only caused by the lack of intellectual ability but failure could also be caused by any other factor. One of them is academic efficacy. But in real-life implementation, some students have low-level of academic efficacy. Hence, remedial actions are needed to improve students' level of academic efficacy using counseling services through modeling techniques. The purpose of this study is to describe that modeling technique could be used to maximize students’ academic efficacy level. This research employs literature studies uses 12 other previous studies with the same range of topics. The main research data is documentation by the author. To analyze the data, the author uses a content analytical technique.As a result, this study concluded new findings based on previous research as follows: 1) The level of students’ academic efficacy; 2) The target of modeling technique application for academic efficacy; 3) The successful application of modeling technique for academic efficacy; 4) Variety of modeling technique that used for academic efficacy.
Keywords: Literature study, Academic Efficacy, Modeling Techniques