Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flipped Classroom Bermedia Wizer.me pada Materi Drama untuk Peserta Didik Kelas VIII
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE TEACHING MATERIALS BASED ON FLIPPED CLASSROOM WITH WIZER.ME MEDIA ON DRAMA MATERIALS FOR CLASS VIII STUDENTS
ABSTRAK
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS FLIPPED CLASSROOM BERMEDIA WIZER.ME PADA MATERI DRAMA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII
Nama Mahasiswa : Permata Ayu Nugrahaning Gusti
NIM : 19020074055
Prodi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Seni
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :Dr. Syamsul Shodiq, M.Pd.
Tahun : 2023
Kata Kunci : Pengembangan, bahan ajar interaktif, flipped classroom, Wizer.me, dan drama
Latar belakang penelitian berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flipped Classroom Bermedia Wizer.me pada Materi Drama untuk Peserta Didik Kelas VIII” adalah kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar selain buku paket yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih aktif dan mandiri karena selama ini belum ada bahan ajar selain buku paket khususnya bahan ajar digital yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, dibuat bahan ajar interaktif sebagai solusi alternatif pendamping buku paket.
Tujuan penelitian ini yaitu 1)mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII, dan 2)mendeskripsikan kualitas bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII yang ditinjau dari aspek 1)kevalidan; 2)keefektifan; dan 3)kepraktisan.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu, 1)penganalisisan; 2)perencanaan; 3)pengembangan; 4)pengimplementasian; dan 5)evaluasi. Subjek utama penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A SMPN 1 Mojowarno. Data penelitian terdiri atas data proses pengembangan bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII dan data kualitas bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, 1)pencatatan lapangan; 2)angket; 3)observasi; dan 4)tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu, 1)diary study; 2)lembar angket; 3)lembar observasi; dan 4)lembar tes.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama. Hasil penelitian ini yaitu 1)proses pengembangan bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII yang sesuai dengan model pengembangan ADDIE; dan 2)kualitas bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII yang ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil kevalidan mendapatkan skor 92,72% dengan kategori sangat memadai. Hasil keefektifan mendapatkan skor 82,32% dengan kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan mendapat skor 89,18% dengan kategori sangat praktis. Hasil kualitas keseluruhan mendapat skor 88% dengan kategori sangat bagus. Berdasarkan hasil tersebut, maka bahan ajar interaktif berbasis flipped classroom bermedia Wizer.me pada materi drama untuk peserta didik kelas VIII layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi drama.
ABSTRACT
Student Name : Permata Ayu Nugrahaning Gusti
study program : S-1 Indonesian Language and Literature Education
Faculty : Language and Art
University : Surabaya State University
Advisor :Dr. Syamsul Shodiq, M.Pd.
Year : 2023
Keywords : Development, interactive teaching materials, flipped classroom, Wizer.me, and drama
The research background is entitled “Development of Based Interactive Teaching Materials Flipped Classroom Media Wizer.me on Drama Material for Class VIII Students" is the need for students for teaching materials other than textbooks that can facilitate students to learn more actively and independently because so far there has been no teaching material other than textbooks, especially digital teaching materials used for learning Indonesian. Therefore, interactive teaching materials are made as an alternative solution to accompanying textbooks.
The purposes of this study are 1) to describe the process of developing interactive teaching materials based on flipped classroom using Wizer.me media on drama material for class VIII students, and 2) describing the quality of interactive teaching materials basedflipped classroommedia Wizer.me on drama material for class VIII students in terms of aspects 1) validity; 2) effectiveness; and 3) practicality.
This study uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely, 1) analysis; 2) planning; 3) development; 4) implementation; and 5) evaluation. The main subjects of this study were class VIII-A students of SMPN 1 Mojowarno. The research data consists of data on the process of developing interactive teaching materials based on flipped classroom media Wizer.me on drama material for class VIII students and quality data based interactive teaching materials flipped classroommedia Wizer.me on drama material for class VIII students. The data collection techniques used are, 1) field recording; 2) questionnaire; 3) observation; and 4) test. Data collection instruments used are, 1)diary study; 2) questionnaire sheet; 3) observation sheet; and 4) test sheet.
This research produces a product in the form of interactive teaching materials based flipped classroom media Wizer.me on drama material. The results of this study are 1) process development of interactive teaching materials based flipped classroom media Wizer.me on drama material for class VIII students in accordance with the ADDIE development model; and 2) quality based interactive teaching materials flipped classroom using Wizer.me media on drama material for class VIII students in terms of validity, effectiveness, and practicality. Validity results get a score 92,72% by categoryvery adequate. Effectiveness results get a score 82,32% by categoryvery effective. Practical results get a score 89,18% by category very practical. The overall quality result gets a score 88% by category very good.Based on these results, the interactive teaching materials are based flipped classroom Wizer.me media on drama material for class VIII students is appropriate for use in Indonesian language learning for drama material.