Analisis Tingkat Literasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri
Analysis of the Literacy Level of State University Students
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner tes literasi keuangan untuk mengumpulkan tanggapan melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata literasi keuangan mahasiswa berada pada kategori literasi keuangan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, literasi keuangan mahasiswa dipengaruhi oleh pendidikan orang tua. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara usia dan jenis kelamin terhadap tingkat literasi keuangan mahasiswa. Mahasiswa yang lebih tua belum tentu memahami literasi keuangan, dan mahasiswa yang lebih muda belum tentu salah memahami literasi keuangan. Mahasiswa laki-laki dan perempuan memiliki perspektif yang sama tentang literasi keuangan pada periode ini. Dengan temuan ini, mahasiswa yang menerima atau tidak menerima pendidikan atau informasi tentang pengetahuan keuangan dari orang tuanya dapat menggali lebih dalam konsep keuangan melalui pendidikan formal dan non-formal, seperti melalui universitas, media sosial, dan diskusi kelompok belajar. Tingkat literasi keuangan yang tinggi dapat mempengaruhi banyak aspek sosial masyarakat yang semakin berkembang, dan perspektif keuangan yang semakin modern.
This research aims to analyze the level of financial literacy of students of the Economic and Business Faculty. This research was designed as quantitative descriptive research. This research used a financial literacy test questionnaire to collect responses through purposive sampling. The result shows that the average financial literacy of students is in the high financial literacy category. Based on the outcome, students' financial literacy is influenced by parents' education. There is no significant influence of age and gender on students' financial literacy levels. Older students do not necessarily understand financial literacy, and younger students do not necessarily misunderstand financial literacy. Men and women students have the same perspective about financial literacy in this period. With this finding, students who receive or do not receive education or information about financial knowledge from their parents can dig deeper into financial concepts through formal and non-formal education, such as through universities, social media, and study group discussions. A high level of financial literacy can affect many social aspects of society, which are becoming more developed, and financial perspectives are becoming more modern.