Pengembangan Media Video Tutorial pada Materi Tata Rias Wajah Sehari-hari di Kelas X SMKN 8 Surabaya
The Development of Video Tutorial Media on Daily Makeup Material in Class X of SMKN 8 Surabaya
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATERI TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI DI KELAS X
SMKN 8 SURABAYA
Nama : Lucky Auliya Habsari
NIM : 19050634039
Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Dewi Lutfiati, M.Kes
Kegiatan pembelajaran materi rias wajah sehari-hari di SMKN 8 Surabaya menurut hasil wawancara dengan guru mata pelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan demonstrasi sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal, diketahui ketercapaian tujuan pembelajaran masing-masing kelas pada materi tata rias wajah sehari-hari masih <75%. Video merupakan media yang dapat didengar, dilihat, dan diputar secara berulang-ulang tanpa harus menetapkan batasan waktu, maka layak digunakan dalam materi pembelajaran yang menerapkan praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengembangan media video tutorial, 2) mengetahui hasil belajar siswa, 3) mengetahui respon siswa terhadap media video tutorial pada materi tata rias wajah sehari-hari di kelas X SMKN 8 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan mengacu pada 8 tahapan yakni: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis video tutorial. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa. Variabel kontrol penelitian ini adalah materi tata rias wajah sehari-hari, guru, dan alokasi waktu. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Media diuji cobakan kepada 33 siswa kelas X Kecantikan. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini yakni uji paired sample t-test untuk hasil belajar kognitif dan uji one sample t-test untuk hasil belajar psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial dari aspek materi memperoleh nilai sebesar 92%, dari aspek media sebesar 93%, dan dari aspek bahasa sebesar 92% secara keseluruhan termasuk kategori Sangat Layak; (2) ketercapaian tujuan pembelajaran pada ranah kognitif meningkat yakni dari 63% menjadi 87% serta pada ranah psikomotor dinyatakan mencapai ketuntasan dengan ketercapaian sebesar 85%, setelah itu diuji menggunakan uji-t dan mendapatkan nilai thitung (19,523) > ttabel (2,037) dan nilai thitung (19,732) > ttabel (2,037); (3) respon siswa menunjukkan presentase 88% dengan kategori Sangat Layak. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan media video tutorial pada materi tata rias wajah sehari-hari sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor, serta memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.
Kata Kunci: Video Tutorial, Tata Rias Wajah Sehari-Hari, R&D
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF VIDEO TUTORIAL MEDIA ON DAILY MAKEUP MATERIAL IN CLASS X
OF SMKN 8 SURABAYA
Name : Lucky Auliya Habsari
Study Program : S-1 Cosmetology
Faculty : Engineering
Institution Name : State University of Surabaya
Advisor : Dra. Dewi Lutfiati, M.Kes
The learning activities for daily makeup material at SMKN 8 Surabaya based on the interviews only use lecture and demonstration methods so that student learning outcomes are not optimal, it is known that the achievement of the learning objectives of each class on daily makeup material is still <75%. Video is a medium that can be heard, seen and played repeatedly without having to set a time limit, so it is suitable for use in learning materials that apply practice. The purpose of this study was to 1) find out the development of video tutorial media, 2) find out student learning outcomes, 3) find out students' responses to video tutorial media on daily makeup material in class X SMKN 8 Surabaya. This research is an R&D (Research and Development) research with reference to 8 stages namely: (1) Potential and problems; (2) Data collection; (3) Product design; (4) Design validation; (5) Design revision; (6) Product trials; (7) Product revision; (8) Test usage. The independent variable in this study is video tutorial-based learning media. The dependent variable in this study is student learning outcomes and student responses. The control variables in this study were material for daily makeup, teachers, and time allocation. Methods of data collection using interviews, questionnaires, and tests. The media was tested on 33 students of Class X Beauty. The data analysis applied to this study was a paired sample t-test for cognitive learning outcomes and a one sample t-test for psychomotor learning outcomes. The results showed that: (1) the feasibility of video tutorial-based learning media from the material aspect obtained a score of 92%, from the media aspect by 93%, and from the language aspect by 92% overall including the Very Eligible category; (2) the achievement of learning objectives in the cognitive domain increased from 63% to 87% and in the psychomotor domain it was stated that it achieved completeness with an achievement of 85%, after that it was tested using the t-test and got a tcount value (19.523) > ttable (2.037) and a tcount value ( 19,732) > table (2,037); (3) student responses show a percentage of 88% in the Very Eligible category. These results indicate that the development of video tutorial media for daily makeup material is very suitable for use as a learning medium to improve student learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains, and obtain very good responses from students.
Keywords: Video Tutorial, Daily Makeup, R&D