PENGARUH GREEN PRODUCT AWARENESS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GREEN BODY CARE
THE INFLUENCE OF GREEN PRODUCT AWARENESS AND PRODUCT KNOWLEDGE ON PURCHASING DECISIONS OF GREEN BODY CARE PRODUCTS
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari green product awareness dan pengetahuan produk pada keputusan pembelian produk green body care. Jenis penelitian ini adalah kausal menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun riset ini menggunakan metode survei dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 100 orang responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online. Angket tersebut memperoleh 114 tanggapan responden, peneliti memilih 100 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian yaitu konsumen yang pernah membeli produk green body care. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menjelaskan variabel green product awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian green body care dengan nilai signifikansinya sebesar 0,145 > 0,05. Sedangkan variabel pengetahuan produk secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk green body care yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil uji R2 variabel independen secara simultan memiliki sumbangan pengaruh sebesar 48,5%.
Kata Kunci :Green Product Awareness, Pengetahuan produk, Keputusan pembelian
The purpose of this research to decide whether or not, there’s an influence among Green Product Awareness and Product Knowledge to Purchase Decisions on green body care products. The kind of this study is causal with quantitative approach. This study used a survey technique as a sampling technique. This study is also used samples of 100 respondents. An instrument of this study is using questionnaire online distributed. The questionnaire was accessed by 114 respondents and the researcher has selected 100 respondents who fit the study criteria, namely consumers who had bought green body care products. The analysis technique is used multiple regression. The out comes of this research imply that the green product awareness variable do not influence on purchasing decisions where the significance is 0,145 > 0,05. But, product knowledge has a significant effect on purchasing decision green body care products with significant value of 0,000 < 0,05. Based on the result of the simultaneously independent variable coefficient determinations, it has an impact of 48,5%.
Keywords : Green Product Awareness, Product Knowledge, Purchase Decision