Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa
kemampuan berpikir reflektif matematis termasuk kedalam berpikir tingkat tinggi. Berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan yang sangat penting pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika itu sendiri mempunyai tujuan yaitu mengembangkan kemampuan bernalar, berpikir sistematik, kritis dan cermat. Akan tetapi, kemampuan berpikir reflektif siswa di Indonesia tergolong dalam kategori rendah. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis ini digunakan strategi pembelajaran yaitu self-regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis adanya pengaruh strategi self regulated learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain yang digunakan yaitu randomized control group posttest only. Untuk menentukan sampel digunakan cluster random sampling yang terdiri atar kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data yang digunakan adalah analisis Independent samples T test. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh dari strategi self-regulated learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperlihatkan p-value < alpha (0,05) yang artinya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi self-regulated learning lebih tinggi apabila dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan strategi ekspositori.
Mathematical reflective thinking skills are include in higher order thinking. higher order thinking is a very important ability in learnning mathematics. Mathematics learning itself has a goal that is to develop the ability to reason, think systematically, crtically, and carefully. However, students in Indonesia have low reflective thinking skills. To improve the ability to think reflectively mathematically, a learning strategy is used, namely self-regulated learning. The purpose of this study was to analyze the effect of self-regulated strategies on sudents mathematical reflective thinking skills. The mathod used is quasi eksperimen and the design used is a randomized control group posttest only. Tp determine the sample, cluster random sampling was used which consisted of experimental and control classes. Analysis of the data used is the analysis of independent samples t test. the results of this study are the infulence of self regulated learning strategies on students mathematical relflective thinking skills. it can be seen from the hypotesis test which shows the p-value (0,05) which means that the mathematical reflective thinking ability of students whose learning usus self regulated learning strategies is higher than the control calss that uses ekspository strategies.