Event Sebagai Komunikasi Pemasaran Untuk Mempromosikan Merek Lokal(Studi Kasus Pada Basha Market)
Event As Marketing Communication To Promote Local Brand(Case Study On Basha Market)
Basha Market adalah sebuah event bazzar tematik pertama di Surabaya yang mengumpulkan pemilik local brand dan peminatnya. Konsep yang diusung oleh Basha Market adalah bazzar yang mengunggulkan visual untuk mengangkat brand lokal agar lebih dihargai dan diminati oleh pasar Surabaya. Konsep bazzar visual ini dipadukan dengan berbagai kegiatan interaktif seperti talkshow dan workshop membuat Basha condong pada segmentasi menengah keatas yang sadar akan teknologi dan seni. Basha sebagai menyedia jasa pemasaran melalui event perlu untuk mengkomunikasikannya pada semua publik yang dimilikinya karena tanpa adanya komunikasi maka event ini tidak akan menjadi bisnis yang menguntungkan berbagai pihak. Kotler (dalam Rangkuti, 2000: 18) mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi serta distribusi sejumlah barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang akan memaparkan bagaimana event ini dapat membantu pertumbuhan banyak bisnis baik dari Basha maupun banyaknya local brand yang berkembang dan muncul karena Basha. Selain itu event memberikan pengalaman kepada customer untuk merasakan dan melihat langsung produk yang diminati. Hal tersebut menjadikan pemasaran melalui event memberikan dampak langsung terkait peningkatan omzet dan meningkatkan trafik media sosial karena adanya awareness dari pengunjung event terkait brand yang sudah dilihatnya
Basha Market is the first thematic bazzar event in Surabaya that gathers local brand owners and fans. The concept promoted by Basha market is a bazzar that prioritizes visuals to encourage local brands to be more appreciated and in demand by the Surabaya market. Basha as providing marketing services through events that need to be communicated to all the public because without communication, this event will be a profitable business for various parties. Kotler (in Rangkuti, 2000: 18) that marketing communication is a process of planning and executing the concept, pricing, promotion and distribution of goods and services to create exchanges that can satisfy individual and organizational goals. This research uses a case study method that will explain how this event can help the business growth of both Basha and the many local brands that have developed and emerged because of Basha. In addition, the event provides an experience for customers to feel and see directly the products they are interested in. This makes marketing through events that have a direct impact on increasing turnover and increasing social media traffic because of awareness from event visitors related to the brands they have seen.