ABSTRAK
Nurkholipah,Eni. 2024.Pengaruh
Kesiapan dan motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK : Studi pada mata
pelajaran produktif administrasi keuangan dengan metode PJBL di SMK negeri 3
bojonegoro. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr.Yeni
Anistyasari,S.Pd.,M.Kom. Pembimbing: (II) Prof.Dr.Ir.Achmad Imam Agung, M.Pd.
Kata kunci : Kesiapan,
Motivasi, Hasil belajar, Metode PJBL
Pada pembelajaran Administrasi Keuangan dengan metode
PJBL, siswa benar-benar mendapatkan perubahan berupa kesiapan belajar yaitu
kesiapan yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah maupun dari masyarakat.
Sehingga siswa dalam proses belajar mengajar dikelas akan mendapatkan hasil
belajar secara maksimal. Terdapat tiga tujuan yang akan dicapai dalam
penelitian ini meliputi: (1) mengetahui pengaruh kesiapan terhadap hasil
belajar siswa; (2) mengetahui pengaruh kesiapan terhadap motivasi belajar siswa;
(3) mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen dengan subyek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 bojonegoro
yang berjumlah 153 siswa kelas XI MPLB. Teknik pengumpulan data penelitian
menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner terdiri dari 40 item berupa
kuesioner kesiapan belajar dan 40 item kuesioner motivasi belajar siswa dengan
pengukuran Skala Liker 1-5. Hasil belajar diukur dari nilai siswa dalam penggunaan
metode PJBL. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
uji normalitas, uji auto korelasi, uji heteroskedastisitas, uji
multikolinearitas, uji T (parsial), dan uji F (simultan).
Hasil temuan dalam penelitian ini
membuktikan bahwa (1) adanya pengaruh secara signifikan antara kesiapa terhadap
hasil belajar dengan perolehan p
value sebesar 0,000 < 0,050, (2) adanya pengaruh yang signifikan antara
kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa p value sebesar 0,000
< 0,050, (3) motivasi belajar
berpengaruh secara simultan terhadap
hasil belajar siswa dengan perolehan p value sebesar 0,000 < 0,050. Saran
penelitian ini adalah siswa mampu meningkatkan kesiapan belajar dengan memilih
metode belajar yang tepat, memanfaatkan media belajar dan melakukan evaluasi
pembelajaran. Saran kedua guru dapat mendorong siswa dengan memberikan motivasi
belajar, sehingga siswa mampu mendapatkan prestasi belajar dengan baik. Saran
ketiga peneliti lain bisa mengadakan penelitian lain yang mempengaruhi hasil
belajar siswa di luar variabel kesiapan belajar dan hasil belajar.