Anggraini, Renni. 2022. Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran
Bahasa Jepang Dengan Model Inkuiri
Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Kanji Dasar Bagi Peserta Didik
SMA/MA . Tesis. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Didik Nurhadi, M.Pd, M.A, P.hD., (II) Prof. Dr. H. Bambang
Yulianto, M.Pd.
Kata- Kata Kunci: Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran, Model Inkuiri Terbimbing, Kanji Dasar.
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh pembelajaran
bahasa Jepang di SMA sederajat berdasarkan Silabus Mata Pelajaran SMA/MA Bahasa
Jepang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) yang memiliki materi
cukup banyak, namun materi yang berkaitan dengan kanji tidak termuat sama
sekali dan pembelajar kesulitan untuk belajar kanji dengan baik, sehingga
dibutuhkan sumber belajar yang dapat menunjang pembelajaran kanji. Tujuan
penelitian ini dilakukan adalah untuk mengembangkan
buku suplemen
pembelajaran bahasa Jepang dengan model inkuiri
terbimbing untuk meningkatkan penguasaan kanji
dasar pada peserta didik SMA/ Sederajat.
Penelitian
ini menggunakan beberapa langkah
pengembangan sebuah produk yang dikemukakan pada teori Borg and Gall dengan beberapa tahapan,
yaitu Pencarian dan Pengumpulan Informasi,
Perencanaan, Pengembangan Produk Tahap Awal, Penyusunan Produk, Validasi
Produk Tahap I, Perevisian Produk Tahap I, Validasi Produk Tahap II, Perevisian
Produk Tahap II, Uji Coba Lingkup Kecil, Perevisian Produk Tahap III, Uji Coba
Lapangan I, Revisi Produk Tahap Akhir. Instrumen pada penelitian ini telah
divalidasi oleh 8 ahli yang berkaitan dengan isi atau materi, bahasa, penyajian
dan kegrafikaan. Instrumen pada penelitian ini juga telah diujicobakan pada
peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Puri dan SMK Negeri 1 Dlanggu tahun ajaran
2019/2020.
Hasil
analisis berdasarkan proses dan kualitas dari pengembangan produk, didapatkan
hasil yaitu pada bagian kevalidan diperoleh rentang skor 74% sampai 95% yang berarti layak untuk
digunakan. Pada bagian kepraktisan, keterlaksanaan
RPP menunjukkan persentase 91% dan 86% yang memiliki predikat sangat praktis,
aktivitas peserta didik selama pembelajaran menunjukkan persentase 81% dan 84%
yang memiliki predikat sangat praktis dan aktivitas pengajar menunjukkan
persentase persentase 82% dan 84% yang
juga memiliki predikat sangat praktis. Pada
bagian keefektifan, hasil belajar dari pretest menunjukkan
rata-rata nilai adalah 58,7 dan hasil rata-rata nilai posttest adalah 83,5,
tanggapan peserta didik menunjukkan 44 orang pada kriteria efektif dan
tanggapan pengajar menunjukkan persentase 92% yang memiliki predikat sangat
efektif.
Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan
bahwa buku suplemen bahasa Jepang dengan model inkuiri terbimbing ini valid, praktis
dan efektif untuk meningkatkan penguasaan kanji dasar bagi peserta didik SMA sederajat.