PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA BUILDING CUBE ROOM AND BEAMS FOR CLASS V ELEMENTARY SCHOOL
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada di SD Islam Melati Nusantara Gresik sehingga peneliti melakukan Pengembangan Multimedia Interaktif Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V Sekolah Dasar pada materi Volume dan Jaring-Jaring, dengan menghasilkan produk multimedia interaktif dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi volume dan jaring-jaring bangun ruang kubus dan balok. Dalam melakukan pengembangan ini ada tahapan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif peneliti melakukan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara sebagai pendahuluan untuk mengetahui permasalahan. Sedangkan angket sebagai bentuk untuk mengetahui kelayakan media yang dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Analisis data yang digunakan dalam angket sebagai bentuk pengukuran menggunakan skala Likert, hasil dalam perhitungan dalam pengukuran persentase dari penilaian para ahli, hasil uji kelayakan materi pokok volume dan jaring-jaring kubus dan balok oleh ahli materi 93,33% sedangkan untuk hasil uji kelayakan multimedia interaktif oleh ahli media yaitu 82,66%. Kedua hasil yang diperoleh dalam kriteria penilaian sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi volume dan jaring-jaring kubus telah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas V di SD Islam Melati Nusantara Gresik.
Kata Kunci: Matematika Bangun Ruang, Multimedia Interaktif, Pengembangan ADDIE.
The purpose of this research is to overcome the learning problems that exist at SD Islam Melati Nusantara Gresik so that researchers carry out the Development of Interactive Multimedia Build Room Cubes and Blocks for Class V Elementary School on Volume and Nets material, by producing interactive multimedia products and knowing the feasibility of interactive multimedia material volumes and nets of cubes and cuboids. In carrying out this development there are stages used in this study using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). To find out the feasibility of interactive multimedia, researchers carried out data collection techniques by means of observation and interviews as a prelude to finding out the problem. While the questionnaire as a form to determine the feasibility of the media was carried out by two experts, namely material experts and media experts. Analysis of the data used in the questionnaire as a form of measurement using a Likert scale, the results in the calculation in measuring the percentage of the assessment of the experts, the results of the feasibility test for the subject matter of volumes and nets of cubes and blocks by material experts 93.33% while for the results of the multimedia feasibility test interactive by media experts that is 82.66%. Both results obtained in the assessment criteria are very feasible. So it can be concluded that interactive multimedia material volumes and cube nets have been suitable for use in the learning activities of fifth grade students at SD Islam Melati Nusantara Gresik.
Keywords: Spatial Building Mathematics, Interactive Multimedia, ADDIE Development.