PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
THE ROLE OF THE TEACHER IN CHARACTER DEVELOPMENT OF STUDENTS AT THE ELEMENTARY SCHOOL LEVEL
Pendidikan karakter merupakan isu utama dalam pendidikan nasional di Indonesia, urgensi pendidikan karakter dalam penelitian ini dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar, karena di usia 6-12tahun merupakan fase yang tepat dan langkah awal guna menanamkan pendidikan karakter pada anak. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan guna menganalisis dan juga mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu menggunakan metode Literature Review.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Literatur yaitu dengan cara mengumpulkan pustaka dari 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional dan referensi lain yang berkaitan dengan penulisan artikel. Kemudian berdasarkan dari analisa jurnal-jurnal dan juga buku yang sudah di teliti, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter merupakan pendidikan sepanjang hayat, dimana proses pendidikan karakter dilaksanakan sejak usia dini sampai dewasa. Peran guru dalam pendidikan karakter yaitu sebagai role model bagi siswa dan dilakukan dengan cara terus berupaya dalam meningkatkan strategi dalam proses pengajaran agar mampu menghadapi tantangan pendidikan karakter di abad 21.
Kata kunci : peran guru, pendidikan karakter, peserta didik
Character education is a major issue in national education in Indonesia, the urgency of character education in this study is carried out at the elementary school level, because at the age of 6-12 years is the right phase and the first step to instill character education in children. This research was carried out with the aim of analyzing and also describing the role of teachers in developing the character of students at the elementary school level. The method used in this research is the Literature Review method. The data collection technique used is Literature Study, namely by collecting literature from 10 national journals and 10 international journals and other references related to article writing. Then based on the analysis of journals and books that have been researched, it can be concluded that character education is lifelong education, where the character education process is carried out from an early age to adulthood. The teacher's role in character education is as a role model for students and is carried out by continuing to improve strategies in the teaching process so that they are able to face the challenges of character education in the 21st century.
Keywords: teacher's role, character education, students