Berpikir relasional adalah aktivitas mental yang ditandai dengan membangun keterkaitan antara unsur-unsur yang diberikan dan konsep matematika yang dimiliki sebelumnya untuk memecahkan masalah matematika. Menurut Patkin & Plaksin terdapat tiga karakteristik berpikir relasional, yaitu: generating insights (interpretations) atau membangun pemahaman (penafsiran), asking questions and presenting hypotheses atau mengajukan pertanyaan dan merumuskan hipotesis, dan generalization through an inductive process atau generalisasi melalui proses induktif. Pada saat melakukan proses berpikir relasional dalam memecahkan masalah geometri, setiap siswa mempunyai cara yang berbeda dalam memproses insformasi yang diberikan. Cara yang dilakukan siswa dalam menyerap, mengolah, dan mengatur infromasi disebut gaya belajar. Gaya belajar berdasarkan pada modalitas sensori terdiri dari tiga, yaitu: visual, auditori, dan kinestetik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatitf dengan penjelasan secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam memecahkan masalah geometri. Pemilihan subjek penelitian diawali dengan memberikan angket gaya belajar dan tes pemecahan masalah geometri (TPMG). Subjek penelitian yang dipilih adalah 3 siswa yang memiliki gaya belajar berbeda, kemampuan matematika setara, dan jenis kelamin sama yaitu perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan TPMG serta wawancara berbasis tugas kepada masing-masing subjek. Data penelitian yang dihasikan berupa hasil penyelesaian TPMG dan hasil wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian, pada karakteristik generalization through an inductive process atau generalisasi melalui proses induktif, subjek visual, auditori, dan kinestetik memiliki persamaan. Semua subjek dapat membuat suatu generalisasi melalui proses induksi yang ditunjukkan dengan membuat kesimpulan mengenai hubungan antara diameter lingkaran dengan panjang selimut tabung dengan menggunakan bahasa mereka masing-masing. Pada karakteristik generating insights (interpretations) atau membangun pemahaman (penafsiran), subjek visual menghasilkan pemahaman dengan menggabungkan analisis analitik dan visualisasi. Pemahaman yang dihasilkan pada TPMG adalah mengenai pengeluaran terendah untuk membeli kertas karton. Pemahaman tersebut diperoleh dari analisis analitik yaitu penghitungan/kalkulasi panjang selimut tabung melalui keliling lingkaran dan visualisasi yaitu menggambarkan sketsa ukuran kertas yang diperlukan pada kertas millimeter block dengan skala tertentu. Sedangkan subjek auditori dan subjek kinestetik, analisis analitik yang dilakukan meliputi menghitung keliling lingkaran, luas alas (lingkaran), dan luas selimut tabung. Selain itu, subjek auditori dan subjek kinestetik tidak menggambarkan sketsa ukuran kertas yang diperlukan pada kertas millimeter block. Pada karakteristik asking questions and presenting hypotheses atau mengajukan pertanyaan dan merumuskan hipotesis, perbedaan terjadi pada merumuskan hipotesis. Subjek auditori dan subjek kinestetik menyebutkan bahwa untuk menyelesaikan TPMG memerlukan total luas alas dan luas selimut tabung, berbeda dengan subjek visual yang menyebutkan bahwa untuk menyelesaikan TPMG cukup dengan menentukan panjang dan lebar lingkaran yang dapat diperoleh dari diameternya dan panjang dan lebar selimut tabung yang dapat diperoleh dari tinggi tabung dan keliling lingkaran.
Relational thinking is a mental activity that is characterized by establishing a link between the elements of information provided and previously owned mathematical concepts to solve mathematical problems. According to Patkin & Plaksin, there are three characteristics of relational thinking, namely: generating insights (interpretations), asking questions and presenting hypotheses, and generalization through an inductive process. When conducting a relational thinking process in solving geometry problems, each student has a different way of processing the information provided. The way in which students absorb, process and organize information is called learning style. Learning styles based on sensory modalities consist of three, namely: visual, auditory, and kinesthetic.
This research is a qualitative research with descriptive explanations that aim to describe the relational thinking profile of students learning visual, auditory, and kinesthetic learning styles in solving geometry problems. The selection of research subjects begins by providing a learning style questionnaire and a geometry problem solving test (TPMG). The research subjects chosen were 3 students who had different learning styles, equal mathematical abilities, and the same sex, namely women. Data collection techniques were carried out by giving TPMG and task-based interviews to each subject. The research data produced were the results of the TPMG settlement and interview results.
Based on the results of the study, the characteristics of generalization through an inductive process, visual, auditory, and kinesthetic subjects have similarities. All subjects can make a generalization through the induction process shown by making conclusions about the relationship between the diameter of the circle and the length of the tube blanket using their respective languages. On the characteristics of generating insights (interpretations), visual subjects produce understanding by combining analytic analysis and visualization. The understanding generated at TPMG is about the lowest expenditure on buying paperboard. This understanding was obtained from analytical analysis, namely the calculation / calculation of the length of the tube blanket through the circumference of a circle and visualization, namely describing the sketch of the paper size needed on millimeter block paper with a certain scale. While the auditory and kinesthetic subjects, the analytical analysis included calculating the circumference of the circle, area of the base (circle), and area of the tube blanket. In addition, auditory subjects and kinesthetic subjects did not draw the required paper size sketches on millimeter block paper. On the characteristics of asking questions and presenting hypotheses, differences occur in formulating hypotheses. Auditory and kinesthetic subjects stated that to complete the TPMG requires a total area of the base and area of the tube blanket, in contrast to the visual subject which states that to complete the TPMG it is sufficient to determine the length and width of the circle that can be obtained from its diameter and the length and width of the tube blanket that can be obtained from the height of the tube and around the circle.