Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Heutagogi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di Smp Roudlotul Hidayah Mojokerto
The Effect of Applying Heutagogy-Based Learning on Student Learning Outcomes at Roudlotul Hidayah Middle School
Wahyuningsih, Arum. 2023. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Heutagogi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di Smp Roudlotul Hidayah Mojokerto. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Dr. Agus Suprijono, M.Si., (II) Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Heutagogi, Hasil Belajar
Dari hasil belajar siswa kelas VII A dan kelas VII B dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa semester I 2022/2023 harian dan ujian akhir masih relatif Rendah, yaitu nilai rata-rata siswa adalah 6. Nilai rata-rata tersebut tentu masih berada dibawah KKM, dimana KKM mata pelajaran IPS di sekolah adalah 7. Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, pembelajaran yang dilaksanakan selama ini perlu diadakan perbaikan, sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis heutagogi terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Roudlotul Hidayah.
Jenis penelitian ini adalah adalah Quasi Experimental Design dengan Non Equivalent Groups Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis heutagogi yang dilakukan pada kelas eksperimen dan pembelajaran berbasis non-heutagogi yang dilakukan pada kelas control. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini terdiri dari tiga aspek yang meliputi kognitif, sikap, dan keterampilan Pembelajaran dilaksanakan di SMP Roudlotul Hidayah pada kelas VII A dan kelas VII B pada pembelajaran IPS materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes tertulis dengan instrumen pengumpulan data berupa soal pilihan ganda dan uraian.
Hasil uji independent sample t test menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Pembelajaran berbasis heutagogi yang telah diterapkan di kelas VII-B SMP Roudlotul Hidayah memiliki kekurangan dalam hal peserta didik masih belum dapat mempertimbangkan masalah dan tindakan yang dihasilkan, peserta didik belum dapat merefleksikan proses pemecahan masalah dan bagaimana hal itu mempengaruhi keyakinan dan tindakan peserta didik itu sendiri. Pembelajaran berbasis heutagogi memiliki pengaruh yang kurang signifikan hasil belajar peserta didik terutama pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia.
Wahyuningsih, Arum. 2023. The Effect of Applying Heutagogy-Based Learning on Student Learning Outcomes at Roudlotul Hidayah Middle School, Mojokerto. Thesis, Social Science Education Study Program, Postgraduate Program at Surabaya State University, Advisor: (I) Dr. Agus Suprijono, M.Si., (II) Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T
Keywords: Heutagogy-Based Learning, Learning Outcomes
From the learning outcomes of class VII A and class VII B, it can be concluded that the student learning outcomes of semester I 2022/2023 daily and final exams are still relatively low, namely the average student score is 6. The average score is of course still below the KKM, where the KKM for social studies subjects in schools is 7. To follow up on this problem, the learning that has been carried out so far needs to be improved, as an effort to improve learning outcomes and the quality of the learning process. This study aims to analyze the effect of heutagogy-based learning on the learning outcomes of class VII students in social studies at Roudlotul Hidayah Middle School.
This type of research is Quasi Experimental Design with Non Equivalent Groups Design. The independent variables in this study were heutagogy-based learning in the experimental class and non-heutagogy-based learning in the control class. The dependent variable in this study is the learning outcomes of students. In this study, it consisted of three aspects which included cognitive, attitudes, and skills. Learning was carried out at Roudlotul Hidayah Middle School in class VII A and class VII B in social studies learning material on the Potential of Natural Resources in Indonesia. Student learning outcomes were measured using written tests with data collection instruments in the form of multiple choice questions and descriptions.
The results of the independent sample t test showed that there was no effect The results of the independent sample t test showed that there was no effect between the experimental class and the control class after being given treatment. Heutagogy-based learning that has been implemented in class VII-B SMP Roudlotul Hidayah has deficiencies in terms of students still not being able to consider the problems and resulting actions, students have not been able to reflect on the problem-solving process and how it affects the beliefs and actions of the students themselves. Heutagogy-based learning has a less significant effect on student learning outcomes, especially on the material on the Potential of Natural Resources in Indonesia.