PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA PESERTA DIDIK
THE APPLICATION OF USING AUGMENTED REALITY MEDIA ON STUDENTS' FOOTBALL PASSING LEARNING OUTCOMES
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Adakah pengaruh penerapan media Augmented Reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik kelas VIII SMPN 1 Nganjuk. 2) Seberapa besar peningkatan penggunaan media AR terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik kelas VIII SMPN 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode preexperimental desain. Desain pada penelitian ini yaitu One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Nganjuk yang berjumlah 288. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-3 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif yang meliputi Mean, Standar Deviasi dan Presentase. Statistik Inferensial yang meliputi uji Normalitas uji Paired Sample T-Test dan Presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik di SMP Negeri 1 Nganjuk dari peningkatan mean pretest ke posttest tes pengetahuan dan keterampilan peserta didik yaitu dari 44,6667 menjadi 63,6667 pada tes pengetahuan dan 74,6667 menjadi 85,5 pada tes keterampilan. Data pada penelitian ini telah diuji normalitas dan haislnya data berdistribusi normal dan dapat diuji untuk mengetahui perbedaannya secara signifikan menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada tes kognitif dan 0.000 pada keterampilan. Hal ini berarti nilai sig < 0,05 Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik.
Kata Kunci: Augmented Reality, Hasil Belajar, Passing, Sepak Bola
This study aims to find out: 1) Is there any influence of the application of Augmented Reality media on the learning outcomes of passing football in class VIII SMPN 1 Nganjuk. 2) How big is the increase in the use of AR media on the learning outcomes of passing football in class VIII SMPN 1 Nganjuk. This study uses a quantitative approach. The method used in this study is the pre-experimental design method. The design in this study is the One Group PretestPosttest Design. The population of this study were all 288 students in class VIII of SMP Negeri 1 Nganjuk. The sample for this research was students in class VIII-3, totaling 30 students. Data collection techniques in the form of tests. The data analysis technique used is descriptive statistics which includes the Mean, Standard Deviation and Percentage. Inferential Statistics which includes the Normality test, Paired Sample TTest and Percentage test. The results of this study indicate that there is an effect of the use of Augmented Reality media on the learning outcomes of students' football passing at Nganjuk 1 Public Middle School from an increase in the mean pretest to posttest of students' knowledge and skills tests, namely from 44.6667 to 63.6667 on the knowledge test and 74 .6667 to 85.5 on the skills test. The data in this study were tested for normality and the results were that the data were normally distributed and could be tested to find out the difference was significant using the Paired Sample T-test. The results obtained are Sig. (2-tailed) of 0.000 on cognitive tests and 0.000 on skills. This means that the sig value <0.05. So it is concluded that there is an effect of using augmented reality media on the learning outcomes of students' football passing.
Keywords: Augmented Reality, Learning Outcomes, Passing, Football