IMPLEMENTATION OF SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES ASSISTED BY E-LKPD ON THE ADDITIVE SUBSTANCE MATERIAL TO INCREASE STUDENTS’ SCIENTIFIC LITERACY
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi zat aditif makanan dengan menggunakan pendekatan socio scientific issues berbantuan E-LKPD. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari peningkatan kemampuan literasi sains siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan angket respons siswa. Penelitian ini menggunakan jenis pre-experimental design. Subjek penelitian yaitu 37 siswa kelas VIII-C SMPN 31 Surabaya tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian berupa lembar tes literasi sains, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respons siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan angket. Keterlaksanaan pembelajaran yang diamati oleh dua orang pengamat diperoleh persentase secara berturut-turut yaitu 97,9% dan 100% yang termasuk kategori sangat baik. Terdapat peningkatan literasi sains secara signifikan setelah diterapkannya pendekatan socio scientific issues berbantuan E-LKPD. Peningkatan literasi sains siswa dapat ditinjau melalui hasil pretest dan posttest yang mendapatkan rata-rata nilai sebesar 24,59 kemudian meningkat menjadi 88,65 dengan nilai N-Gain 0,85 yang termasuk kedalam kategori tinggi, analisis data uji normalitas menggunakan SPSS dengan hasil data berdistribusi normal dan analisis uji t-berpasangan dengan hasil bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Siswa merespons dengan positif E-LKPD yang diberikan ketika pembelajaran dengan perolehan persentase skor 98%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan socio scientific issues berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan literasi sains siswa.
Kata Kunci: Socio-scientific Issues, E-LKPD,literasi sains
This study aims to describe the increase in students' science literacy skills on food additives by using a socio-scientific issues approach supported by the Electronic Student Worksheets. The effectiveness of learning in terms of increasing students' scientific literacy skills, implementation of learning and student response questionnaires. This study uses a type of pre-experimental design. The research subjects were 37 class VIII-C of SMPN 31 Surabaya students in the 2021/2022 academic year. The research instruments were scientific literacy test sheets, learning implementation sheets and student response questionnaires. Data collection techniques using the method of tests, observations and questionnaires. The implementation of learning observed by two observers obtained a percentage of 97.9% - 100%. The advancement in students' scientific literacy can be seen through the results of the pretest and post-test, which get an average score of 24.59 and then escalate to 88.65 with an N-Gain value of 0.85 which was included in the high category, normality test data analysis using SPSS with data results normal distribution and paired t-test analysis with the result that there is a difference between the pretest and posttest scores. Students responded positively to the Electronic Student Worksheets given during learning with a percentage score of 98%. The conclusion of this study is that the socio-scientific issues approach assisted by the Electronic Student Worksheets can improve students' science literacy skills.
Keywords: Socio-Scientific Issues, E-LKPD, scientific literacy.