STUDI LITERATUR PENERAPAN METODE SCRUM DI SEKOLAH TINGGI MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING
LITERATURE STUDY OF APPLICATION OF SCRUM METHOD IN HIGH SCHOOL USING COOPERATIVE LEARNING STRATEGY
Era revolusi industri 4.0 menjadikan dunia kerja membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam hal pemecahan masalah dan bekerja dalam tim. Perubahan tersebut menjadikan perubahan cara pandang terhadap Pendidikan di Sekolah Tinggi. Pendidikan seharusnya mampu menyiapkan peserta didik yang dapat memenuhi beberapa keterampilan tersebut. Dalam hal ini penulis melakukan studi literatur mengenai pengimplementasian metode Scrum di sekolah tinggi formal khususnya Universitas. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Scrum di Sekolah Tinggi. Penelitian dilakukan menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review) dari temuan sebanyak 11 jurnal penelitian terdahulu. Dari hasil analisis yang dilakukan menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode Scrum yang diintegrasikan dengan strategi cooperative learning efektif membimbing siswa untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memanajemen suatu proyek dan mengelola suatu kelompok kerja.
The era of the industrial revolution 4.0 makes the world of work need human resources who have the ability to solve problems and work in teams. These changes make a change in perspective on education in higher education. Education should be able to prepare students who can fulfill some of these skills. In this case the authors conducted a literature study on the implementation of the Scrum method in undergraduate. The purpose of this study is to determine the effect of implementing the Scrum method in high schools. The study was conducted using the SLR method (Systematic Literature Review) from the findings of 11 journals from previous research. From the results of the analysis conducted that learning using the Scrum method which was integrated by cooperative learning was effective in guiding students to improve student skills in managing a project and coordinating a work group.