Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis collaborative creativity untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi fluida statis sub bab hukum Archimedes. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah layak digunakan ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan. Validitas LKPD yang telah dikembangkan memiliki kategori sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 92,35 %. LKPD yang dikembangkan memiliki kriteria praktis pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase diatas 80 % dan aktivitas peserta didik dengan persentase di atas 80 %, kedua aspek tersebut dalam kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif yang dibuktikan dari nilai rata-rata n-gain di atas 0,60 yang berada pada kategori sedang sampai tinggi, serta respon peserta didik dengan persentase sebesar 90,7 % kriteria sangat efektif. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci: LKPD, collaborative creativity, keterampilan berpikir kreatif.
This research purpose is to describe the feasibility of student worksheets (LKPD) based on collaborative creativity to improve students' creative thinking skills in learning physics specifically on the static fluid material of the Archimedes legal sub-chapter. This research is a development research using ADDIE development model. The results shows that the improved LKPD was feasible based on its validity, practicality and effectiveness. The validity of LKPD that has been improved has a very valid category with an average percentage of 92.35 %. The developed LKPD has practical criteria for the implementation of learning with a percentage above 80% and student activities with a percentage above 80%, both aspects are in the very good category. The developed LKPD meets the effective criteria and can improve creative thinking skills as evidenced by the average n-gain values above 0.60 which are in the moderate to high category, and the response of students with a percentage of 90.7% very effective criteria. Thus, the LKPD that has been developed is appropriate to be used to improve creative thinking skills in learning physics.
Keywords: LKPD, collaborative creativity, creative thinking skills.