Deforestasi terjadi akibat dari hilangnya struktur dan fungsi hutan yang sebenarnya, dan akan sangat berbahaya bila hal ini terus terjadi. Teknologi pada era digital semakin berkembang, terutama pada gerakan aksi melakui konten multimedia, salah satunya animasi. Animasi dianggap efektif untuk menimbulkan partisipasi serta eksplorasi bagi audiens. Dengan teknologi komputer yang semakin canggih, animasi telah menjadi salah satu multimedia untuk menyampaikan pesan edukasi yang baik kepada khalayak masyarakat. Hasil karya pada perancangan ini merupakan animasi 2D berjudul Cervina of the Lost Forest, yang mengambil kisah tentang sang tokoh utama yaitu Cervina, dan Ayana Anggrek, yang mengalami ancaman pahit akibat deforestasi yang telah disebabkan oleh keserakahan manusia terhadap kekayaan alam tanpa memperbaharuinya. Akibatnya adalah hilangnya ekosistem hutan yang dialami mahluk hidup untuk generasi selanjutnya. Diharapkan animasi Cervina of the Lost Forest dapat memberikan pesan edukasi, maupun referensi terhadap perancangan animasi 2D.
Deforestation happened as a result of the lost of structure and function of forest, and will be very dangerous if this things will keep happening in the future. Technology in digital era will always be developed, especially within action movement content within multimedia, one of them which is animation. Animation deemed effective to provoke participation and exploration for the audience. With the developing computer technology, animation now is one of the multimedia technique to tell educational messages for the society. The creation of this designing is 2D animation titled Cervina of the Lost Forest, which takes a story of the the main characters Cervina and Ayana Anggrek who experienced impedance threat of deforestation that has destroyed their forest which caused by humanity greed for taking the natural wealth without renewing them. As a result, is a lost of a whole forest ecosystem which is experienced by the next generation. This animation was created in hope that it will give educational purpose for the audience, and also as a reference for designing 2D animation.