MENGENALKAN ALAM DESA SELOTAPAK MOJOKERTO MELALUI FOTO LANDSCAPE BERBASIS INSTAGRAM
INTRODUCING THE NATURE OF SELOTAPAK VILLAGE, MOJOKERTO THROUGH INSTAGRAM-BASED LANDSCAPE PHOTOS
Selotapak merupakan salah satu Desa di Wilayah Trawas Mojokerto yang memiliki potensi wisata alam sangat menarik dan berpotensi untuk dikembangkan. Informasi mengenai desa tersebut masih belum banyak diketahui oleh masyarakat di luar Mojokerto. View destinasi tempat yang ada di media Desa Selotapak belum cukup untuk memberikan suatu daya tarik wisatawan untuk datang ke Desa Selotapak karena untuk kebutuhan pribadi. Maka tujuan penelitian dari permasalahan yang ada yaitu untuk mendeskripsikan konsep perancangan micro blog pada instagram. Strategi yang dirancang oleh peneliti untuk mengenalkan Desa Selotapak menggunakan konsep microblog, yang menyajikan foto dan informasi di dalam media instagram. Hal tersebut diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi untuk mengenalkan Desa Selotapak secara luas. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini menggunakan kualitatif dengan wawancara dan observasi dengan analisis data 5W + 1H. Hasil dari penelitian ini pembuatan foto landscape yang disajikan dengan konsep microblog kedalam media instagram.
Selotapak is one of the villages in the Trawas Mojokerto Region which has very interesting natural tourism potential and has the potential to be developed. Information about the village is still not widely known by people outside Mojokerto. The view of destination places in Selotapak Village media is not enough to provide an attraction for tourists to come to Selotapak Village due to personal needs. So the research objective of the existing problems is to describe the concept of designing a micro blog on Instagram. The strategy designed by researchers to introduce Selotapak Village uses the concept of a microblog, which presents photos and information on Instagram media. This is expected to be able to contribute to the introduction of Selotapak Village widely. The research method used in this design uses qualitative interviews and observations with 5W + 1H data analysis. The results of this study are making landscape photos presented with the concept of microblog into Instagram media.