STUDI TENTANG OPTIMISME KEBERHASILAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI ERA PANDEMI
Study on the Optimism Level of High School Students' Learning Success in the Pandemic Era
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimisme keberhasilan belajar peserta didik semasa pandemi di SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Optimisme adalah keyakinan individu terhadap segala sesuatu dapat teratasi dengan baik dan memiliki hasil yang positif. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 10 SMA yang memiliki optimisme rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang disebar secara online untuk menentukan subjek yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan, lalu dilanjutkan dengan wawancara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat optimisme yang dimiliki peserta didik di SMA Negeri 1 Gedek Mojokerto rendah, sedang, dan tinggi. Aspek pendukung sikap optimisme yang dimiliki peserta didik belum sepenuhnya tercapai. Faktor yang mempengaruhi sikap optimisme rendah peserta didik paling dominan yaitu berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri. Peranan konselor untuk membantu peserta didik adalah dengan memberikan layanan konseling kelompok agar dapat meningkatkan sikap optimisme keberhasilan belajar peserta didik.
The purpose of this study was to determine the optimism of students' learning success during the pandemic at SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Optimism is an individual's belief that everything can be handled well and has positive results. This research is a case study research with a qualitative approach. The research subjects were students in grade 10th high school who had low optimism. The data collection method uses a questionnaire distributed online to determine the subject that fits the specified criteria, then continues with an interview to get the information needed. The data analysis technique used is descriptive. The results of this study were the low, medium, and high level of optimism of students at SMA Negeri 1 Gedek Mojokerto. Supporting aspects of the optimism attitude of students have not been fully achieved. The most dominant factor affecting the low optimism attitude of students is that of the students themselves. The role of a counselor to help students is to provide group counseling services in order to increase the optimism attitude of students' learning success.